Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Legenda Muenchen tak Terkejut dengan Keinginan Lewandowski Tinggalkan Die Bayern

Rabu 18 May 2022 20:54 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski. Striker asal Polandia ini akan meninggalkan Muenchen. Barcelona dikabarkan mengincar Lewandowski.

Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski. Striker asal Polandia ini akan meninggalkan Muenchen. Barcelona dikabarkan mengincar Lewandowski.

Foto: EPA-EFE/RONALD WITTEK
Kemungkinan hengkangnya Lewandowski adalah imbas sikap jajaran direksi Muenchen.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Mantan gelandang sekaligus legenda Bayern Muenchen, Lothar Mattheus, mengaku tidak terkejut dengan kabar keinginan Robert Lewandowski untuk segera meninggalkan Die Bayern. Peraih gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) 1990 itu menilai, sikap striker asal Polandia itu merupakan imbas dari sikap jajaran direksi Muenchen.

Matthaus merujuk pada lambannya direksi Muenchen dalam menawarkan perpanjangan kontrak kepada Lewandowski. Kendati Lewandowski masih terikat kontrak hingga 2023, direksi Muenchen seharusnya sudah memberikan sinyal dan keinginan untuk terus bekerja sama dengan Lewandowski.

Baca Juga

Terlebih, performa penyerang berusia 33 tahun itu dalam tiga musim terakhir begitu impresif, termasuk dengan torehan 50 gol dari 46 laga di semua ajang pada musim ini. Tidak hanya itu, mantan kapten timnas Jerman itu juga mengungkapkan, upaya Muenchen untuk bisa mendatangkan Erling Haaland justru menguatkan keinginan Lewandowski untuk hengkang.

Belum lagi dengan kegagalan Muenchen mempertahankan pemain-pemain bintang, termasuk saat kehilangan David Alaba yang pindah ke Real Madrid dengan status free transfer pada awal musim ini.

''Dengan semua kondisi tersebut, maka tidak mengherankan apabila dia (Lewandowski) ingin meninggalkan Muenchen,'' kata Matthaus seperti dikutip Sky Germany, Rabu (18/5/2022).

Matthaus menilai, jajaran direksi Muenchen telah salah langkah saat berusaha mendatangkan Erling Haaland dari Borussia Dortmund. Ujungnya, Haaland terbukti tidak tertarik untuk bergabung bersama Muenchen.

''Kemudian, saat klub berusaha untuk mendekati Lewandowksi. Mereka sadar, penilaian Lewandowski terhadap klub sudah berubah,'' ujar mantan pemain yang mempersembahkan tujuh titel Bundesliga Jerman buat Muenchen tersebut.

Dengan prestasi yang ditorehkan Lewandowski dalam tiga musim terakhir, termasuk menyabet gelar pemain terbaik FIFA selama dua tahun beruntun, Muenchen seharusnya sudah menawarkan perpanjangan kontrak kepada Lewandowski. Namun, langkah ini justru tidak dilakukan oleh Muenchen.

''Saya tentu ingin terus bekerja sama dalam jangka panjang dengan pemain yang meraih gelar pesepak bola terbaik dalam dua musim beruntun. Mereka seharusnya memberikan sinyal itu kepada Lewandowski beberapa bulan yang lalu,'' jelas Matthaus.

Sebelumnya, Muenchen memang tengah dikabarkan tengah berupaya membujuk Lewandowski untuk menandatangani kontrak anyar. Namun, Lewandowski dilaporkan tidak tertarik dengan tawaran tersebut.

Pasalnya, Muenchen bersikeras untuk tetap mempertahankan gaji yang didapatkan Lewandowksi. Pun dengan kekecewaan Lewandowski soal durasi kontrak yang ditawarkan Muenchen.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA