Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Bukan Kemiskinan yang Ditakutkan Rasulullah

Rabu 18 May 2022 17:17 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko

Rasulullah

Rasulullah

Foto: Pixabay
Rasulullah SAW telah menyampaikan tentang sesuatu yang menjadi ketakutannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah SAW telah menyampaikan tentang sesuatu yang menjadi ketakutannya. Ketakutan tersebut bukan ketika umat Muslim berada dalam kemiskinan.

Dalam riwayat Amr bin ‘Auf Al-Anshariy RA, Rasulullah SAW mengutus Abu Ubaidah Ibnul Jarrah RA ke negeri Bahrain untuk mengambil upeti dari penduduknya. Kemudian dia kembali dari Bahrain dengan membawa harta. Ketika kalangan Anshar mendengar kedatangan Abu Ubaidah, mereka bersegera menuju masjid untuk menunaikan sholat Subuh bersama Rasulullah SAW.

Baca Juga

Setelah sholat, Rasulullah SAW berpaling (menghadap ke para sahabat). Mereka memperlihatkan keinginan atas apa yang dibawa Abu Ubaidah. Rasulullah pun tersenyum ketika melihat mereka. Lantas Rasulullah SAW bersabda, "Aku menduga kalian telah mendengar Abu Ubaidah telah tiba dan membawa sesuatu dari Bahrain." Mereka menjawab, "Tentu wahai Rasulullah."

Beliau SAW kembali bersabda, "Berbahagialah dan berharaplah sesuatu yang akan menyenangkan kalian. Demi Allah! Miskinnya kalian bukan hal yang aku takuti. Tetapi aku khawatir dunia diberikan kepada kalian sebagaimana telah diberikan kepada orang-orang sebelum kalian. Kemudian kalian berlomba-lomba mengejarnya sebagaimana yang mereka lakukan, lalu dunia membuat kalian binasa sebagaimana binasanya mereka (orang-orang sebelum kalian)." (HR Bukhari dan Muslim)

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA