Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Delapan Jurusan IT dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Rabu 18 May 2022 13:25 WIB

Red: Christiyaningsih

Bidang IT tak melulu bergulat dengan ilmu coding atau pemrograman.

Bidang IT tak melulu bergulat dengan ilmu coding atau pemrograman.

Foto: UBSI
Bidang IT tak melulu bergulat dengan ilmu coding atau pemrograman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi kian berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan peradaban manusia. Berbagai inovasi telah diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Tak ayal, di masa depan teknologi menjadi sebuah acuan pilar negara dikatakan sebagai negara maju. 

Kemunculan perusahan rintisan baru atau startup, membuat prospek karier lulusan IT (Information Technology) mendulang kesuksesan bagi pemilihnya. Pasalnya, banyak perusahaan dari berbagai bidang industri memerlukan pelakon IT untuk mendongkrak kemajuan perusahaan juga. Dikutip dari LinkedIn, bidang IT sukses menduduki posisi 10 besar pekerjaan yang paling banyak memiliki permintaan dari perusaahan. 

Baca Juga

Bidang IT tak melulu bergulat dengan ilmu coding atau pemrograman. Ada banyak jurusan IT yang mempelajari ilmu lainnya. Berikut delapan jurusan kuliah IT yang memiliki prospek kerja menjanjikan: 

1. Teknologi Komputer

Jurusan ini mempelajari perangkat komputer baik hardware maupun software dan sistem jaringan telekomunikasi. Lulusan teknologi komputer dapat bernaung sebagai software engineer, arsitek jaringan komputer, hardware engineer, game developer, IT consultant, hingga robotics engineer. 

Ketua Prodi Teknologi Komputer Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Rahmat Adi Purnama mengatakan jurusan teknologi komputer merupakan kombinasi antara ilmu komunikasi dengan ilmu komputer yang terintegrasi dengan ilmu teknik elektro, sehingga memberikan prospek kerja yang menjanjikan. 

2. Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi berfokus pada bidang software, tapi lebih memperdalam penerapan bisnis pada perusahaan. Jurusan ini mempelajari bagaimana cara mendesain sistem yang sesuai tujuan perusahaan dengan kebutuhan proses bisnis. 

Ketua Prodi Sistem Informasi Universitas BSI Sriyadi mengungkapkan lulusan sistem informasi memiliki prospek kerja sebagai system administrator, object programmer, database administrator, IT business analyst, analyst system, hingga web atau mobile developer. 

3. Teknik Industri

Pemanfaatan teknologi dan sektor manufaktur berbasis internet dan bisnis digital menjadikan jurusan teknik industri mempelajari proses industri baik dari sisi manajemen ataupun teknik. Teknik industri berfokus pada perancangan, peningkatan dan pemasangan sistem yang terintegrasi dengan peran manusia, material, peralatan, dan energi. 

Kaprodi Teknik Industri Universitas BSI Miwan Kurniawan menjelaskan prospek kerja lulusan teknik industri terbentang luas seperti production planning and inventory control (PPIC) manager, quality management system (QMS) manager, dan marketing manager. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA