Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Tujuh Bahasa Pemrograman Paling Populer Tahun 2022

Rabu 18 May 2022 12:46 WIB

Red: Christiyaningsih

Ada beberapa bahasa pemrograman yang perlu dikuasai jika ingin berkarier di bidang TI.

Ada beberapa bahasa pemrograman yang perlu dikuasai jika ingin berkarier di bidang TI.

Foto: UBSI
Ada beberapa bahasa pemrograman yang perlu dikuasai jika ingin berkarier di bidang TI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pilihan karier di bidang Teknologi Informasi (TI) tidak akan ada habisnya dan akan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Karena itu, jika kamu tertarik terjun ke industri ini ada baiknya ketahui terlebih dahulu apa saja tren bahasa pemrograman yang perlu dipelajari di tahun 2022.

Jika kamu berencana untuk mencoba karier sebagai developer atau programmer, skill utama yang harus dimiliki adalah coding. Kemampuan ini menjadi hal yang sangat penting sehingga ada baiknya kita mengetahui tren bahasa pemrograman yang wajib dikuasai di tahun 2022 berikut ini!

Baca Juga

1. Python

Selama beberapa tahun terakhir, bahasa pemrograman Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer. Salah satu alasannya adalah Python cukup sederhana sehingga mudah dipelajari.

Hal itulah yang juga membuat Python selalu menjadi salah satu bahasa pemrograman wajib bagi pemula yang ingin berkarier di bidang teknologi. Python wajib dipelajari jika kamu ingin memiliki karier di bidang yang saat ini sedang populer yaitu data science, machine learning, dan backend development.

2. C/C++

C menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling tua, yang paling lama ditemukan, tapi masih tetap populer hingga saat ini. Selain C, calon pengembang juga harus mempelajari C++ karena kedua bahasa tersebut memiliki pengaruh besar terhadap bahasa-bahasa yang ada saat ini. Banyak bahasa pemrograman yang saat ini ada berasal dari dasar C.

Penting untuk mempelajari kedua bahasa pemrograman tersebut karena dapat membantu developer lebih memahami cara kerja komputer dan coding secara umum. Hingga saat ini, kedua bahasa pemrograman ini masih jadi andalan untuk mengembangkan video game dan aplikasi.

Bahkan, orang-orang yang bekerja di Microsoft dan Windows juga masih menggunakan kedua bahasa pemrograman tersebut sehingga keduanya masih menjadi bahasa pemrograman populer hingga 2022.

3. JavaScript

Tren bahasa pemrograman akan kurang lengkap jika tidak ada JavaScript. Seperti yang kita ketahui, JavaScript masih menjadi salah satu bahasa pemrograman yang masih populer hingga saat ini. 

Analytics Insight menyebut JavaScript masih menjadi bahasa pemrograman pemimpin industri. Hal ini karena JavaScript bisa dimanfaatkan untuk segala jenis aktivitas pengembangan. 

JavaScript digunakan mulai dari pengembangan mobile app, website, aplikasi, dan masih banyak lainnya. Selain itu, bahasa pemrograman ini juga memiliki berbagai macam library dan framework yang bisa dimanfaatkan oleh developer. 

4. Java

Selain JavaScript, Java juga digadang-gadang sebagai salah satu bahasa pemrograman yang memiliki dampak global karena beragam kegunaannya. Oleh sebab itu, Java masih termasuk populer dan termasuk dalam tren bahasa pemrogaman yang wajib dipelajari di tahun 2022.

Meskipun Java memiliki format yang hampir sama dengan C dan C++, tapi bahasa pemrograman ini memiliki beberapa kelebihan lain sehingga menjadi favorit para developer. Java memiliki kompatibilitas di berbagai sistem operasi dan sistem perangkat keras sehingga lebih praktis dan dapat digunakan di beberapa platform.

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA