Wednesday, 7 Zulhijjah 1443 / 06 July 2022

Aksi West Ham Jadi Inspirasi Southampton untuk Sulitkan Langkah Liverpool

Selasa 17 May 2022 19:45 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pemain Liverpool Kostas Tsimikas, ke-3 kanan, merayakan setelah mencetak gol kemenangan penalti dalam adu penalti di akhir pertandingan sepak bola final Piala FA Inggris antara Chelsea dan Liverpool, di stadion Wembley, di London, Sabtu, 14 Mei 2022. Liverpool menang 6 -5 melalui adu penalti setelah pertandingan berakhir imbang tanpa gol.

Pemain Liverpool Kostas Tsimikas, ke-3 kanan, merayakan setelah mencetak gol kemenangan penalti dalam adu penalti di akhir pertandingan sepak bola final Piala FA Inggris antara Chelsea dan Liverpool, di stadion Wembley, di London, Sabtu, 14 Mei 2022. Liverpool menang 6 -5 melalui adu penalti setelah pertandingan berakhir imbang tanpa gol.

Foto: AP/Ian Walton
Pelatih Southampton berjanji akan buat Liverpool kesulitan.

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHAMPTON -- Kegagalan Manchester City memetik poin penuh kala ditahan imbang West Ham United, 2-2, akhir pekan lalu, menjadi kejutan tersendiri pada pekan ke-37 Liga Primer Inggris. Hasil di markas The Hammers itu sekaligus membuat persaingan gelar juara Liga Primer Inggris semakin sengit. Kegagalan memetik poin penuh di laga tersebut membuat City gagal menjauh dari kejaran Liverpool, yang bertengger di peringkat kedua klasemen sementara dengan koleksi 86 poin dari 36 laga.

Telah melakoni satu partai lebih banyak, The Citizens hanya terpaut empat poin dari Liverpool. Selisih poin ini bisa terpangkas menjadi satu poin apabila The Reds bisa mencuri tiga angka dalam lawatan ke markas Southampton, Rabu (18/5/2022) dini hari WIB.

Baca Juga

Namun, pelatih Southampton, Ralph Hasenhuttl, menegaskan ambisi The Saints untuk menyulitkan Liverpool di laga yang bakal digelar di Stadion Saint Mary tersebut. Pelatih asal Austria itu sadar, timnya bukanlah unggulan di laga tersebut. Terlebih, dengan status Liverpool sebagai pemegang titel Piala Liga Inggris dan Piala FA musim ini. Namun, seperti saat West Ham United menahan imbang City, The Saints bertekad melakukan hal serupa. Bahkan, tidak menutup kemungkinan untuk bisa mengalahkan The Reds. 

''Bisa ambil bagian dalam perebutan gelar juara Liga Primer Inggris bisa memberikan kami motivasi tersnediri. Selain itu, hal itu juga bisa memberikan kami, seperti halnya West Ham (saat menahan imbang City), untuk melakukan sesuatu istimewa. Ini yang diinginkan para pemain. Mereka sudah tidak sabar untuk melakukannya di laga kandang,'' ujar Hassenhuttl kepada Sky Sports, Selasa (17/5/2022). 

Menilik performa The Saints saat menghadapi tim-tim papan atas Liga Primer Inggris, The Reds memang patut waspada. Tidak hanya mampu menahan imbang Manchester United dan Manchester City, Southampton mampu memetik kemenangan atas Arsenal dan Tottenham Hotspur. Secara khusus, The Saints menorehkan rekor tidak pernah kalah dalam dua kesempatan menghadapi juara bertahan Liga Primer Inggris, Manchester City, dengan torehan dua hasil imbang. 

Motivasi James Ward-Prowse dan kawan-kawan untuk bisa memetik kemenangan di laga kontra The Reds pun kian besar apabila menilik raihan hasil di empat laga terakhir. The Saints gagal memetik kemenangan dengan torehan tiga kali kalah dan satu hasil imbang di empat laga terakhir. Hassenhuttl pun mengungkapkan cara untuk bisa menyulitkan The Reds di laga itu dan memperbesar peluang untuk bisa memetik kemenangan. 

''Kami harus bisa menekan mereka dengan berbagai cara dengan permainan yang agresif. Kemudian, Anda bisa sedikit menggoyang pertahanan mereka. Untuk itu, Anda harus bisa mengawali laga dengan baik. Apabila Anda bisa mencetak gol lebih dulu, mereka akan tertekad. Di titik itu, kami mesti bisa bertahan dengan sangat solid,'' kata Hassenhuttl.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA