Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Masih Bugar di Usia 77 Tahun, Seperti Ini Cara Tom Selleck Menua dengan Baik

Selasa 17 May 2022 16:10 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Aktor Tom Selleck tetap bugar di usia 77 tahun.

Aktor Tom Selleck tetap bugar di usia 77 tahun.

Foto: EPA/NINA PROMMER
Tom Selleck mengaku tak suka ke gym maupun golf.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Tom Selleck tampak masih cukup bugar di usianya yang ke-77 tahun. Kendati demikian, tentu ada saja masalah kesehatan yang dirasakan bintang Magnum PI dan Blue Bloods itu.

Selleck mencoba meminimalisirnya dengan tetap aktif di usia senja. Ia mengakui bahwa tubuhnya memang tidak seperti dulu lagi. Selain karena faktor usia, ada pula efek jangka panjang akibat yang dilakukan dalam pekerjaan terdahulu.

Baca Juga

"Kau tahu, punggungku agak sakit. Ketika melakukan aksi di film, saya melakukan banyak hal. Anda mengambil risiko, tetapi Anda juga banyak duduk. Jadi Anda mungkin melakukan adegan perkelahian, dan kemudian duduk di kursi, dan itu tidak seperti Anda memiliki pelatih pribadi yang mengatakan, 'Oke, kami siap untuk beraksi, tetapi Tom membutuhkan 10 menit peregangan dan pemanasan," kata Selleck, seperti dikutip dari laman Express.co.uk, Selasa (17/5/2022).

Selleck menepis rumor tentang dirinya yang menderita radang sendi kronis. Berbicara dengan GQ, Selleck hanya menjelaskan bahwa dia ingin tetap aktif di usia tuanya, termasuk dengan bekerja di peternakannya yang memiliki luas 63 hektare.

"Saya tidak suka pergi ke gym. Saya memiliki peternakan seluas 63 hektare dan mengerjakan banyak pekerjaan kasar. Bersih-bersih, menanam pohon. Kami punya sekitar seratus pohon. Saya sendiri mungkin telah menanam seribu pohon," ujarnya.

Selleck menyebut "aktivitas" sebagai salah satu hal utama yang membantunya "menua dengan baik". Dia bermain voli pantai, sesekali softball yang sangat kompetitif, dan mencintai bisbol. Selleck tidak pernah menyukai golf dengan alasan melihat sang ayah.

“Satu hal yang tidak saya lakukan adalah mewarnai rambut saya. Saya muak dengan orang-orang yang berpikir begitu. Buat saya, rambut abu-abu di usia sekarang adalah semacam berkah, mungkin jarang terjadi, tapi begitulah adanya," kata ayah dua anak itu.

Age UK, sebuah badan amal terkemuka, menjelaskan bahwa aktivitas teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung, strok, beberapa jenis kanker, depresi, dan demensia. Selain itu, lebih banyak bergerak membantu keterampilan berpikir seperti pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan mengingat kata-kata serta fakta.

Hal ini akan berkontribusi pada individu sehingga dapat menjalani kehidupan jauh lebih mandiri dan dalam suasana hati lebih baik. Karena itu, badan medis seperti NHS merekomendasikan orang dewasa berusia 65 tahun ke atas harus aktif secara fisik setiap harinya.

Kegiatan harus dilakukan setidaknya dua kali sepekan dan bertujuan untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan, serta fleksibilitas. Selain itu, setidaknya 150 menit aktivitas intensitas sedang atau 75 menit aktivitas berat harus dilakukan.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA