Rabu 04 May 2022 16:10 WIB

Di Tengah Invasi Rusia di Ukraina, Belarusia Gelar Latihan Perang

Belarusia mulai latihan perang skala besar secara tiba-tiba di tengah invasi Ukraina

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
 Presiden Belarusia Alexander Lukashenko. Belarusia mulai latihan perang skala besar secara tiba-tiba di tengah invasi Ukraina. Ilustrasi.
Foto: AP/Nikolay Petrov/BelTA Pool
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko. Belarusia mulai latihan perang skala besar secara tiba-tiba di tengah invasi Ukraina. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MINSK -- Angkatan bersenjata Belarusia memulai latihan skala besar secara tiba-tiba pada Rabu (4/5/2022). Menurut Kementerian Pertahanan Belarusia, latihan tersebut dilakukan untuk menguji kesiapan tempur.

"Direncanakan tes (kesiapan tempur) akan melibatkan pergerakan sejumlah besar kendaraan militer, yang dapat memperlambat lalu lintas di jalan umum," kata Kementerian Pertahanan Belarusia dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Kementerian itu mengatakan latihan tidak menimbulkan ancaman bagi tetangganya atau komunitas Eropa pada umumnya meski Belarusia adalah sekutu dekat Rusia dan pernah mengadakan latihan bersama yang memungkinkannya untuk memindahkan lebih banyak pasukan lebih dekat ke perbatasan Ukraina.

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin sehari sebelum latihan tempur terbaru itu. Menurut pernyataan resmi, kedua negara membahas operasi Rusia di Ukraina, di antara masalah lainnya yang ikut pula dibahas.

Wilayah Ukraina yang berdekatan dengan Belarusia, termasuk ibu kotanya Kiev, berada di bawah serangan Rusia pada tahap awal invasi. Namun, sekarang Rusia telah memfokuskan serangannya di wilayah timur dan tenggara Ukraina.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement