Rabu 27 Apr 2022 10:13 WIB

Kesiapan Pemilu dan Pilkada 2024 Disosialisasikan ke Forum BEM DIY

Forum BEM DIY menerima sosialisasi kesiapan pemilu dan pilkada 2024.

Kesiapan Pemilu dan Pilkada 2024 Disosialisasikan ke Forum BEM DIY
Foto: Dok Republika
Kesiapan Pemilu dan Pilkada 2024 Disosialisasikan ke Forum BEM DIY

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kementerian Dalam Negeri melaksanakan komunikasi sosial kepada Forum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) DIY dalam menghadapi persiapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak DIY. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan edukasi politik kepada para mahasiswa khususnya dalam menghadapi persiapan pelaksanaan pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Plt. Direktur Kewaspasaan Nasional Ditjen Politik dan PUM Handoko, berharap forum ini sebagai wadah yang baik kepada mahasiswa yang notabene sebagai pemilih pemula agar mendapatkan pemahaman politik yang baik. Serta forum ini juga wadah pemerintah dalam mensosialisasikan persiapan pelaksanaan pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Baca Juga

“Kegiatan ini merupakan salah satu langkah kami dalam berikan pendidikan politik melalui komunikasi sosial kepada mahasiswa serta langkah awal kami mensosialisasikan persiapan pelaksanaan pemilu dan Pilkada serentak 2024,” ujar Handoko dalam sambutannya di Hotel Royal Darmo, Yogyakarta , Selasa  (26/04/2022)

Dalam kegiatan ini hadir sebagai narasumber Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan, Wakil Rektor 3 UIN Sunan Kalijaga Abdur Rozaki, Direktur Program Indonesia Untuk Demokrasi Dian Permata. Dalam penyampaiannya Ketua KPU DIY Hamdan menyampaikan bagaimana persiapan penyelenggara dalam pelaksanaan pemilu dan Pilkada serentak 2024.

"Secara tegas bahwa kami penyelenggara fokus melaksanakan persiapan pelaksanaan pemilu dan Pilkada serentak 2024. Tahapan akan kami mulai dari tahun 2022 yaitu verifikasi partai politik" ujar Hamdan.

Selanjutnya menurut Abdur Rozaik, Potret Demokrasi dan pemilihan Umum di Indonesia semakin membaik dibuktikan dari peningkatan Indeks Demokrasi Dunia 2022 serta diharapkan mahasiswa dapat menjadi agen yang baik dalam partisipasi politik di Indonesia. 

"Indonesia secara umum mengalami peningkatan dalam indeks demokrasi dunia tahun 2022, hal ini tidak lepas dari peran partisipasi masyarakat khususnya mahasiswa sebagai pemilih pemula." Ujar Wakil Rektor 3 UIN Sunan Kalijaga. 

Terakhir Dian Permata menyampaikan mahasiswa  harus ada peningkatan dalam berperan aktif terhadap penyelenggaraan pemerintahan maupun pembangunan negara. 

"Mahasiswa itu harus aktif terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan negara." Ujar Dian. 

Komunikasi sosial ini diselenggarakan pada tanggal 26 April 2022 bertempat di Hotel Royal Darmo,Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement