Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

Antisipasi Lonjakan Pemudik, ASDP Kupang Siapkan Armada Tambahan

Selasa 26 Apr 2022 22:18 WIB

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi

Calon penumpang berjalan menaiki Kapal Motor Penumpang (KMP). PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang menyiapkan armada tambahan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.

Calon penumpang berjalan menaiki Kapal Motor Penumpang (KMP). PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang menyiapkan armada tambahan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.

Foto: ANTARA/Ampelsa
Armada tambahan akan beroperasi dari Pelabuhan Bolok Kupang.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang menyiapkan armada tambahan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang memanfaatkan penyeberangan kapal feri di wilayah Nusa Tenggara Tenggara selama momentum Hari Raya Idul Fitri 2022.

"Kami siapkan trip atau armada tambahan yang bisa beroperasi jika nanti terjadi lonjakan permintaan penumpang," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang Ardhi Ekapaty ketika dihubungi di Kupang, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan kesiapan ASDP dalam melayani arus mudik pada momentum Hari Raya Idul Fitri 2022 di NTT. Ia menjelaskan armada atau penyeberangan tambahan akan beroperasi dari Pelabuhan Bolok Kupang ke berbagai daerah tujuan di dalam wilayah NTT.

Ia tidak memastikan jumlah armada yang disediakan karena akan disesuaikan dengan kondisi permintaan di lapangan. Ardhi menjelaskan hingga Selasa (26/4/2022) hari ini, belum ada lonjakan penumpang maupun kendaraan yang hendak menyeberang melalui Pelabuhan Bolok. "Kondisi saat ini di Pelabuhan Bolok terpantau landai, tidak ada penumpukan penumpang arus mudik Idul Fitri," katanya.

Ia memperkirakan lonjakan penumpang akan terjadi pada Kamis (28/4/2022) bertepatan dengan adanya hari libur atau dimulainya pemberlakuan cuti bersama. "Jika ada lonjakan permintaan melebihi armada yang tersedia maka bisa ada layanan tambahan trip atau armada," katanya.

Ardhi menambahkan saat ini pihaknya mengoperasikan sebanyak 8 unit kapal feri yang terdiri dari 5 unit yang melayani rute Pelabuhan Bolok ke berbagai kabupaten, serta 3 unit lain melayani wilayah Kabupaten Sikka, Flores Timur, Lembata, dan Alor.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA