Selasa 26 Apr 2022 07:35 WIB

PWI Kalsel Terus Berikhtiar Tingkatkan Kompetensi Wartawan

Ini mengingat media dalam hal ini profesi jurnalis adalah pilar demokrasi.

Suasana penuh keakraban mewarnai perbincangan ringan Karo Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Kalsel H Barakatullah dengan Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie beserta pengurus.
Foto: Pemprov Kalsel
Suasana penuh keakraban mewarnai perbincangan ringan Karo Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Kalsel H Barakatullah dengan Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie beserta pengurus.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Suasana penuh keakraban mewarnai perbincangan ringan Karo Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Kalsel H Barakatullah dengan Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie beserta pengurus. Kedatangan Karo Adpim Setda Kalsel ke Sekretariat PWI Kalsel di Jalan Hidatullah Banjarmasin itu dalam rangka silaturahim sekaligus perkenalan sebagai Karo Adpim baru.

"Kami datang ke sini selain dalam rangka silaturahmi  juga sekaligus mengenalkan diri sebagai Karo Adpim baru," terang Barakatullah, dalam siaran persnya, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Direktur RS Sambang Lihum ini menjelaskan peran media di era digital sekarang sangat strategis. Ini mengingat media dalam hal ini profesi jurnalis adalah pilar demokrasi.

"Bagi pemerintah daerah sendiri sangat berkepentingan untuk berkolaborasi dengan media, terutama peran menyebarluaskan kebijakan kebijakan kepala daerah dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat," ucapnya.

Barakatullah menilai kemitraan dengan organisasi kewartawanan termasuk dengan PWI merupakan hal penting yang harus lebih ditingkatkan.

Salah satu bentuk kemitraan itu adalah melalui forum forum diskusi atau kerja sama lain yang berhubungan dengan dampak positif penyajian berita. Sementara itu Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie menyambut positif kunjungan Karo Administrasi Pimpinan Setda Kalsel.

Helmi mengatakan, wartawan sebagai salah satu pilar demokrasi dituntut agar lebih profesional dalam melaksanakan tugas profesional sebagai wartawan. Berkaitan dengan hal itu, sebut Helmie, pihaknya berkomitmen dan akan selalu berikhtiar meningkatkan profesionalisme insan pers.

Caranya dengan meningkatkan volume uji kompetensi dan gelar pendidikan pelatihan secara berjenjang. "Kunci utama kerja seorang wartawan yang profesional adalah mentaati dan melaksanakan kode etik jurnalistik," kata Helmie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement