Rabu 20 Apr 2022 15:28 WIB

330 Guru Mengaji Pontianak Terima Bantuan Dana Transportasi

Masing-masing guru menerima uang senilai Rp 1,8 juta per tahun.

Sejumlah peserta mengikuti kegiatan pelatihan guru mengaji. Ilustrasi. 330 Guru Mengaji Pontianak Terima Bantuan Dana Transportasi
Foto: Prayogi/Republika.
Sejumlah peserta mengikuti kegiatan pelatihan guru mengaji. Ilustrasi. 330 Guru Mengaji Pontianak Terima Bantuan Dana Transportasi

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Sebanyak 330 guru mengaji tradisional dan penyuluh agama Islam menerima bantuan dana transportasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak.

Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan mengatakan masing-masing guru menerima uang senilai Rp 1,8 juta per tahun. Pemberian bantuan ini sebagai penyemangat untuk pengabdian para guru mengaji tradisional dan penyuluh agama Islam dalam meraih keridhaan Allah SWT.

Baca Juga

Ia mengatakan bantuan yang diberikan ini mungkin tidak sebanding dengan pengabdian yang telah dilakukan mereka. "Namun inilah yang dapat diberikan dan mudah-mudahan dapat mempunyai nilai manfaat bagi penerimanya," ujar Bahasan usai menyerahkan bantuan secara simbolis kepada guru mengaji tradisional, Rabu (20/4/2022).

Di Kota Pontianak terdapat beberapa kelompok pengajian maupun majelis taklim baik yang dilaksanakan di masjid, surau maupun rumah-rumah penduduk. Upaya memberikan pembelajaran agama Islam kepada masyarakat di luar jalur formal tidak terlepas dari peran serta penyuluh agama Islam maupun guru mengaji tradisional.

"Kehadiran mereka sangat dibutuhkan dalam rangka mendukung pemerintah mewujudkan peningkatan dan pembinaan kehidupan beragama," kata Bahasan.

Ia berharap para penyuluh agama Islam dan guru mengaji tradisional selain memberikan pembelajaran keagamaan juga memberikan pembelajaran pendidikan baca tulis dan seni baca Alquran. "Selain itu, para penyuluh agama Islam dan guru mengaji tradisional juga menjalankan fungsi sosial kemasyarakatan yakni dalam rangka silaturahim antarumat dan semangat ukhuwah Islamiyah," ungkapnya.

Bahasan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para penyuluh agama Islam dan guru mengaji tradisional yang telah mengabdikan dirinya dalam membina masyarakat di bidang kehidupan beragama di Kota Pontianak. "Semoga ketulusan bapak dan ibu mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement