Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Ten Hag Diklaim Telah Sepakat Tangani United, Dikontrak Tiga Tahun

Rabu 13 Apr 2022 11:41 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pelatih Ajax Amsterdam Erik ten Hag

Pelatih Ajax Amsterdam Erik ten Hag

Foto: EPA-EFE/Koen van Weel
United kemungkinan besar harus merogoh kocek untuk membayar kompensasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United dikabarkan tinggal selangkah lagi merekrut pelatih yang bakal menukangi tim utama Setan Merah pada musim depan. Pelatih Ajax Amsterdam, Eric Ten Hag, dilaporkan sudah sepakat untuk hijrah ke Stadion Old Trafford pada musim depan. Bahkan, berdasarkan lansiran The Independent, kepindahan Ten Hag ke United nyaris rampung dan proses negosiasi sudah berjalan 99 persen. 

''Pengumuman kabarnya akan digelar pada akhir pekan ini, setelah final Piala Belanda, pelatih berusia 52 tahun itu akan menukangi United,'' tulis laporan The Independent, Rabu (13/4/202w). 

Baca Juga

Tidak hanya itu, Ten Hag dilaporkan sepakat dengan tawaran kontrak selama tiga tahun. Namun, United bisa mengaktifkan opsi perpanjangan kontrak selama satu tahun pada akhir durasi kontrak tersebut. Satu-satunya yang kurang dari kesepakatan tersebut, lanjut laporan The Independent tersebut, adalah tanda tangan mantan pelatih tim junior Bayern Muenchen tersebut. 

Sementara berdasarkan lansiran The Athletic, Ten Hag telah mencapai kesepakatan verbal dengan United. Namun, United juga harus mencapai kesepakatan dengan Ajax Amsterdam selaku klub pemilik Ten Hag. 

''MU akan membutuhkan kesepakatand engan Ajax Amsterdam (yang sudah memantau situasi yang terjadi),'' tulis laporan The Athletic

Ten Hag memang masih terikat kontrak dengan Ajax Amsterdam hingga 2023 mendatang. Untuk itu, United kemungkinan besar harus merogoh kocek untuk membayar kompensasi pemutusan kontrak Ten Hag dengan Ajax Amsterdam sebelum memboyong eks pelatih Go Ahead Eagles itu ke Stadion Old Trafford. 

Sebelumnya, selain Ten Hag, United juga sempat dikabarkan tengah berupaya mendatangkan pelatih Paris Saint Germain (PSG), Mauricio Pochettino, sebagai pelatih Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan pada musim depan. 

Namun, pilihan manajemen United ternyata jatuh kepada Ten Hag, yang akan diplot menggantikan Ralf Rangnick di kursi pelatih United. Sejak dipercaya menangani Ajax Amsterdam pada 2017, Ten Hag tidak perlu waktu lama untuk membawa De Godenzonen kembali mendominasi Liga Belanda. 

Pada tiga musim terakhir, Ajax Amsterdam berhasil meraih dua gelar Eredivisie. Bahkan, pada musim 2018/2019, Ajax Amsterdam sukses mengawinkan gelar domestik, gelar juara Piala Belanda dan titel Eredivisie. Pada musim yang sama, Ten Hag juga berhasil mengantarkan Ajax Amsterdam melaju ke babak semifinal Liga Champions. 

Dalam langkah menuju babak empat besar Liga Champions tersebut, Ajax berhasil menyingkirkan sejumlah klub besar, termasuk Juventus dan Real Madrid.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA