Selasa 12 Apr 2022 12:54 WIB

Lembaga AS Konfirmasi Bola Api di Langit Papua Nugini adalah Objek Antarbintang

Bola api berkobar di langit Papua Nugini pada 2014.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Bola api yang berkobar di langit Papua Nugini pada tahun 2014
Foto: Vadim Sadovski/Shutterstock via live science
Bola api yang berkobar di langit Papua Nugini pada tahun 2014

REPUBLIKA.CO.ID, PAPUA NUGINI -- Komando Luar Angkasa Amerika Serikat (USCC) mengkonfirmasi bahwa bola api yang berkobar di langit Papua Nugini pada tahun 2014 sebenarnya adalah objek yang bergerak cepat dari sistem bintang lain.

Objek tersebut adalah sebuah meteorit kecil berukuran hanya 0,45 meter menghantam atmosfer bumi pada 8 Januari 2014. Objek itu melakukan perjalanan melalui ruang angkasa dengan kecepatan lebih dari 130.000 mph ( 210.000 km/jam). Menurut sebuah studi tahun 2019 tentang objek yang diterbitkan dalam basis data pracetak arXiv, kecepatan itu adalah kecepatan yang jauh melebihi kecepatan rata-rata meteor yang mengorbit di dalam tata surya.

Baca Juga

Studi tahun 2019 itu berpendapat bahwa kecepatan meteor kecil, bersama dengan lintasan orbitnya, membuktikan dengan kepastian 99 persen bahwa objek itu berasal jauh di luar tata surya kita. "Mungkin dari bagian dalam sistem planet atau bintang di cakram galaksi Bima Sakti,” tulis para penulis, dilansir dari Live Science, Selasa (12/4/2022).

Meskipun hampir pasti, makalah tim tidak pernah ditinjau sejawat atau diterbitkan dalam jurnal ilmiah, karena beberapa data yang diperlukan untuk memverifikasi perhitungan mereka dianggap diklasifikasikan oleh pemerintah AS, menurut Vice.

Sekarang, para ilmuwan USSC telah secara resmi mengonfirmasi temuan tim tersebut. Dalam memo tertanggal 1 Maret dan dibagikan di Twitter pada 6 April, Letnan Jenderal John E. Shaw, wakil komandan USSC, menulis bahwa analisis bola api 2019 cukup akurat untuk mengonfirmasi lintasan antara bintang.

Konfirmasi ini secara surut menjadikan meteor 2014 sebagai objek antarbintang pertama yang pernah terdeteksi di tata surya kita, tambah memo itu. Deteksi objek mendahului penemuan ‘Oumuamua-objek berbentuk cerutu yang sekarang terkenal yang juga bergerak terlalu cepat untuk berasal dari tata surya kita. Tidak seperti meteor 2014, ‘Oumuamua terdeteksi jauh dari Bumi dan sudah melesat keluar dari tata surya.

Amir Siraj, astrofisikawan teoritis di Universitas Harvard dan penulis utama makalah 2019, mengatakan kepada Vice bahwa dia masih berniat untuk menerbitkan studi asli, sehingga komunitas ilmiah dapat melanjutkan studi tersebut. Karena meteorit itu tersulut di atas Samudra Pasifik Selatan, ada kemungkinan pecahan benda itu mendarat di air dan sejak itu bersarang di dasar laut.

“Kemungkinan untuk mendapatkan potongan pertama materi antarbintang cukup menarik untuk diperiksa dengan sangat teliti dan berbicara dengan semua pakar dunia tentang ekspedisi laut untuk memulihkan meteorit,” kata Siraj kepada Vice.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement