Kamis 07 Apr 2022 12:54 WIB

Astronaut NASA Kembali ke Bumi Setelah 355 Hari Tinggal di Luar Angkasa

Astronaut NASA Mark Vande Hei pulang dari luar angkasa akhir Maret lalu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Astronaut NASA, Mark Vande Hei.
Foto: www.flickr.com
Astronaut NASA, Mark Vande Hei.

REPUBLIKA.CO.ID, HOUSTO -- Seorang astronaut NASA, Mark Vande Hei kembali dari 355 hari tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 30 maret 2022. Sepekan kemudian, ia membuat komentar publik pertamanya tentang pengalaman itu, mengambil bagian dalam konferensi pers di Johnson Space Center di Houston pada Selasa lalu.

“Saya sangat senang bisa kembali,” kata Vande Hei. 

Baca Juga

“Jika itu berakhir menjadi 300 hari, saya masih akan merasa sangat senang dengan misi itu. Ini hanya kesempatan untuk bekerja dengan tujuan yang sangat baik dalam pekerjaan di mana kita bisa membantu semua umat manusia. Jumlah hari tidak begitu penting bagiku,” tambahnya.

Terlepas dari pentingnya, Vande Hei sekarang memegang perbedaan telah menerbangkan penerbangan luar angkasa tunggal terpanjang oleh astronaut Amerika. Rekor sebelumnya adalah 340 hari, oleh astronaut NASA Scott Kelly pada 2016.

“Saya ingin 355 hari saya dikenang sebagai rekor yang dipecahkan,” kata Vande Hei.

“Saya benar-benar menantikan orang berikutnya melakukan sesuatu yang lebih lama dan semakin jauh dan menjelajahi lebih banyak. Saya ingin misi saya dikenang sebagai batu loncatan,” katanya lagi.

Ini adalah penerbangan luar angkasa kedua Vande Hei dan kedua kalinya pulang ke rumah dengan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia. Masa tinggal pertamanya di stasiun luar angkasa berakhir setelah 168 hari pada 2018.

Dilansir dari Space, Kamis (7/4/2022), Vande Hei mengatakan bahwa salah satu pelajaran utama yang dia pelajaran utama yang dia pelajari dari menghabiskan begitu banyak waktu di luar angkasa adalah kebutuhan untuk menangani kesehatan mentalnya, saran yang akan dia tawarkan kepada astronaut masa depan terlepas dari apakah mereka tinggal di stasiun luar angkasa atau menuju ke sistem matahari.

“Saya merasa lebih baik dalam penerbangan luar angkasa ini, lebih lama, daripada yang sebelumnya karena saya benar-benar melakukan banyak pekerjaan dalam percakapan yang akan saya lakukan dengan diri saya sendiri, suara internal saya sendiri. Itu sangat membantu,” katanya.

“Saya jauh lebih baik dalam penerbangan ini tentang mengukir waktu untuk bermeditasi,” tambah Vande hei. 

“Saya pikir itu benar-benar membantu saya menjadi lebih sadar tentang bagaimana saya bereaksi terhadap berbagai hal dan kadang-kadang hanya mengenalinya dan memutuskan untuk melihat sesuatu secara berbeda,” ujarnya.

Bagian dari alasan NASA mengadakan stasiun berdurasi lebih lama adalah untuk mempersiapkan hari yang akan datang ia mengirim astronaut kembali ke bulan dan akhirnya ke Mars. Vande Hei mengatakan bahwa pengalamannya sendiri membantu memvalidasi bahwa hal itu mungkin.

“Misi ini tentu saja meningkatkan persepsi saya tentang kelayakan bagi orang-orang yang bertahan hidup dalam jangka waktu lama,” katanya kepada wartawan.

Apa yang memuaskan bagi Vande Hei adalah tubuh dia adalah bagian dari eksperimen.

“Saya tahu orang-orang harus mendapatkan data dari saya, dan kontribusi saya pada data itu yang akan membantu orang mengeksplorasi lebih jauh,” ujar Vande Hei.

“Ini tentu sangat memuaskan, karena seiring bertambahnya usia saya yakin saya akan menyaksikan orang-orang yang jauh lebih muda dari saya melakukan beberapa hal luar biasa. Ada banyak tantangan di depan dan itu akan mengasyikkan,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement