Ahad 10 Apr 2022 00:20 WIB

Pernah Dengar Minyak Alpukat? Ternyata Sehat untuk Jantung Hingga Mata

Tidak hanya zaitun, minyak alpukat juga memiliki manfaat kesehatan cukup banyak.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Tidak hanya zaitun, minyak alpukat juga memiliki manfaat kesehatan cukup banyak.
Foto: Pixabay
Tidak hanya zaitun, minyak alpukat juga memiliki manfaat kesehatan cukup banyak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bicara tentang minyak goreng yang sehat, minyak zaitun kerap disebut sebagai yang terbaik. Tetapi rupanya masih ada jenis lain yang punya manfaat nutrisi tidak kalah hebat, yaitu minyak alpukat.

Minyak ini juga memberikan banyak manfaat bagi jantung, mata, otak hingga mendukung penuaan yang sehat. Para ahli mengamati manfaat minyak alpukat, dan bagaimana kaitannya dengan umur panjang, seperti dilansir dari laman Livestrong, Ahad (10/4/2022).

Baca Juga

1. Baik untuk Jantung 

Minyak alpukat kaya akan lemak sehat untuk jantung. "Lemak tak jenuh tunggal dalam minyak alpukat telah dikaitkan dengan pengurangan kolesterol jahat dan peningkatan kolesterol baik," kata Katie Dodd, RDN, ahli diet untuk orang dewasa dengan umur lebih tua.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa mengganti minyak alpukat dengan mentega meningkatkan kolesterol total, kolesterol LDL, kadar trigliserida, dan insulin, menurut ulasan Juni 2019 di Molecules​.

2. Membantu Melawan Radikal Bebas

"Minyak alpukat kaya akan antioksidan, yang membantu menetralkan radikal bebas, menghentikannya dari menyebabkan peradangan yang merusak," kata Bruning.

Faktanya, studi Juni 2019 di Molecules juga mencatat penurunan protein C-reaktif (CRP) dan interleukin-6, dua penanda peradangan. Ini sangat penting untuk umur panjang karena peradangan kronis berkontribusi pada banyak penyakit seperti penyakit jantung dan strok, kanker, diabetes, obesitas, dan banyak lagi.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Minyak alpukat kaya akan karotenoid (atau pigmen) yang disebut lutein, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, kata Bruning. Kandungan lutein di dalamnya juga terkait dengan kesehatan mata. Sebuah studi kecil Agustus 2017 di Nutrition menemukan bahwa orang dewasa l lebih tua yang makan alpukat sehari selama enam bulan mengalami peningkatan 25 persen kadar lutein di mata mereka.

4. Mendukung Kesehatan Otak

Minyak alpukat juga luar biasa untuk pemula. Sekali lagi, lemak sehat dari buah ini layak mendapatkan pujian. “Itu karena lemak tak jenuh tunggal mendukung aliran darah yang sehat," kata Bruning.  F

aktanya, studi Agustus 2017 mengamati bahwa makan alpukat meningkatkan kadar lutein di otak, yang mengarah pada peningkatan fungsi kognitif (termasuk memori kerja dan keterampilan memecahkan masalah) pada orang dewasa berusia lebih dari 50 tahun.

5. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi Penting

Lemak sehat dalam minyak alpukat juga memungkinkan tubuh menyerap nutrisi penting lainnya dengan lebih baik. Lemak membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, termasuk vitamin A, D, E dan K.

6. Memiliki Titik Asap Tinggi

Titik asap minyak alpukat adalah 520 derajat Fahrenheit (271 Celcius) yang lebih tinggi dari kebanyakan minyak nabati termasuk minyak zaitun. Ini berarti dapat dipanaskan pada suhu tinggi tanpa menghasilkan asap beracun dan radikal bebas.

 

Banyak jenis minyak alpukat yang bisa dipilih, namun mana yang terbaik?

Extra-virgin, mengacu pada minyak alpukat dari buah berkualitas tinggi, diekstraksi pada suhu rendah tanpa pelarut kimia. ​Virgin bisa disebut sebagai minyak alpukat murni yang berasal dari lebih sedikit buah yang sempurna tetapi diproses mirip dengan extra virgin).

Minyak alpukat murni tidak ditentukan oleh kualitas buah, tetapi dihilangkan warnanya, dihilangkan baunya, dan rasanya hambar. Namun, dari sudut pandang asam lemak, seharusnya tidak ada banyak perbedaan di antara jenis minyak alpukat. 

Dengan kata lain, semuanya memiliki manfaat kesehatan, jadi bereksperimenlah dengan berbagai jenis minyak alpukat untuk rasa dan kegunaan yang berbeda. Selain itu, temukan mana yang paling disukai dan sesuai selera. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement