Ahad 10 Apr 2022 00:10 WIB

Air Lemon atau Jeruk Nipis, Mana yang Baik Diminum?

Lemon dan jeruk nipis keduanya memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Lemon dan jeruk nipis keduanya memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi.
Foto: www.wikimedia.com
Lemon dan jeruk nipis keduanya memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak ahli sepakat bahwa mengawali hari dengan segelas air hangat ditambah lemon bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Jika tidak ada lemon, ahli juga menyarankan jeruk nipis sebagai pengganti karena pada dasarnya sama-sama mengandung vitamin c.

Tapi jika dibandingkan lemon atau jeruk nipis yang lebih banyak nutrisinya? Ahli nutrisi dari AS, Angie Asche, mencatat bahwa keduanya serupa dari sudut pandang nutrisi karena sama-sama jenis jeruk. Namun menurut dia, 100 gram jus lemon segar memang mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk nipis. Serat dari jus lemon juga lebih unggul 0,1 gram daripada jeruk nipis. Namun kandungan gula dalam jus lemon lebih tinggi dibanding jeruk nipis.

Baca Juga

Penelitian menunjukkan bahwa lemon memiliki sifat anti-kanker dan antioksidan, sementara jeruk nipis dikonfirmasi memiliki sifat antimikroba. Jelas, ada pro dan kontra untuk keduanya dan Anda tidak perlu memikirkan mana yang lebih baik, keduanya bisa dimasukkan dalam menu diet anda. 

Sebenarnya, kata Asche, penelitian yang mengaitkan kesehatan dengan minum air perasan lemon hangat setiap pagi masih kurang. Namun lemon sendiri memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan, terutama menghidrasi tubuh dan menambah kandungan vitamin C.

“Beberapa klaim kesehatan dibuat tentang air lemon, termasuk menyeimbangkan pH dan mendorong penurunan berat badan. Namun, tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung klaim tersebut," kata Asche seperti dilansir dari Well and Good, Ahad (10/4/2022).

Pada intinya, tidak ada salahnya mengonsumsi air lemon atau jeruk nipis untuk memulai hari. Jika memang tidak ada, Asche mengatakan, tak ada salahnya mengganti dengan buah jeruk karena kandungan nutrisinya serupa dengan lemon ataupun jeruk nipis. 

Penelitian mengungkapkan bahwa nutrisi terbanyak pada jeruk ditemukan dalam daging buah versus kulitnya. Kandungan serat misalnya, ditemukan paling banyak di dalam daging buahnya, jadi ketika jeruk diolah menjadi jus, komponen itu kemungkinan hilang.

"Tapi Anda akan tetap mendapatkan vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin C, potasium, dan antioksidan dari jus saja," kata Asche.

Bagi kalian yang sibuk dan tak sempat minum air lemon, jeruk, atau jeruk nipis setiap hari, Anda bisa mencobanya selama akhir pekan. Karena banyak manfaat nutrisi dan kesehatan di antaranya sumber potasium, folat, kalsium, thiamin, niacin, dan vitamin B6 yang baik, selain vitamin C.

“Saya suka banget menambahkan buah apapun ke dalam air. Beberapa favorit saya adalah irisan stroberi, mentimun. Ini cara yang bagus untuk mendorong Anda minum lebih banyak air dan tetap terhidrasi," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement