Malam Ramadhan di Souq Waqif Cocok untuk Berkumpul Bersama Keluarga

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 07 Apr 2022 15:40 WIB

Souq Waqif merupakan pasar tradisional dan wisata terbesar di Qatar yang tidak pernah sepi pengunjung. Termasuk di bulan Ramadhan, jalanan dan toko-toko di Souq Waqif akan penuh dengan para pengunjung.  Malam Ramadhan di Souq Waqif Cocok untuk Berkumpul Bersama Keluarga Foto: Gulf Times/Thajudheen Souq Waqif merupakan pasar tradisional dan wisata terbesar di Qatar yang tidak pernah sepi pengunjung. Termasuk di bulan Ramadhan, jalanan dan toko-toko di Souq Waqif akan penuh dengan para pengunjung.  Malam Ramadhan di Souq Waqif Cocok untuk Berkumpul Bersama Keluarga

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Souq Waqif merupakan pasar tradisional dan wisata terbesar di Qatar yang tidak pernah sepi pengunjung. Termasuk di bulan Ramadhan, jalanan dan toko-toko di Souq Waqif akan penuh dengan para pengunjung.

Suasana Souq Waqif sangat kental dengan gedung-gedung tradisional khas timur tengah tempo dulu. Terdapat juga kafe dan sajian kuliner, dan toko yang menjual berbagai jenis produk. 

Baca Juga

Selama periode Ramadhan, Souq Waqif menjadi tujuan yang wajib dikunjungi bagi banyak orang di Qatar. Usai sholat tarawih, mereka akan muncul dalam jumlah besar untuk mengobrol sambil minum kopi, melihat-lihat toko, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang jalan Souq, mendiskusikan kehidupan dan apa yang ditawarkannya. 

“Ramadan adalah waktu untuk mensucikan jiwa dan mempererat hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa,” kata seorang pengunjung  Jassim, dilansir dari Gulf Times, Kamis (7/4/2022).

Pengunjung lainnya, Abdurahman al-Mannai bersama teman-temannya duduk di sebuah kedai kopi di koridor selatan Souq. “Kami datang ke sini dan bertemu sambil mengobrol dan berbagi qahwa, kopi tradisional Arab. Souq adalah warisan yang kami jaga keutuhannya dengan datang ke sini,” kata Mannai.

Dihiasi dengan lampu, toko-toko di Souq ditata dengan menarik. Pengunjung akan disambut oleh campuran wewangian yang eklektik, mulai dari parfum hingga hidangan yang menggugah selera dan aroma barang antik yang tak dapat dilewatkan yang ditampilkan di toko-toko. 

Masakan yang ditawarkan meliputi hidangan Qatar, Lebanon, Mesir, Turki, dan Mediterania, masing-masing dengan daya tariknya yang unik. Toko kacang dan manisan juga merupakan salah satu atraksi utama selama bulan Ramadhan dan tentu saja, ada shisha yang ditawarkan di sejumlah kafe di Souq.

“Souq Waqif adalah tujuan penting selama malam Ramadhan karena kebanyakan dari kita tidak keluar di siang hari dan menghabiskan waktu untuk berdoa dan melakukan kegiatan keagamaan,” kata Youssef Mousa Abu Halika, yang menjalankan toko di sana. 

“Selain keanggunannya, Souq menawarkan layanan yang sangat baik dan harga yang wajar. Semua orang dapat menikmati malam Ramadhan yang spesial di sini,” tambah dia.

Dia menambahkan souq itu disukai semua orang tanpa memandang usia dan kebangsaan. Warga Qatar dan ekspatriat, semua datang ke Souq setelah sholat tarawih. Anak-anak muda berkumpul sampai waktu sahur, sementara orang tua mencari tempat duduk untuk berbagi momen Ramadhan yang indah dan menikmati makanan seperti kebab.

“Semuanya tersedia di sini dengan harga normal. Souq mengundang semua orang. Ekspatriat dan turis bersenang-senang di sini karena pasar adalah tempat yang ideal bagi keluarga untuk berbelanja dan untuk hiburan anak-anak. Menjelang Garangao, anak-anak berduyun-duyun membeli hadiah dan permen favorit mereka,” kata al-Mannai.

“Ini adalah tempat yang indah. Kami datang ke sini secara teratur sepanjang tahun,” kata pengunjung lain. 

Tempat ini menjadi lebih menawan selama Ramadhan dan memiliki suasana yang indah. Malam Ramadhan juga memungkinkan para pedagang untuk melakukan bisnis cepat karena banyak wisatawan yang tertarik dengan produk mereka.