10 Cara Agar Anak Termotivasi Berpuasa Ramadhan

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko

Kamis 07 Apr 2022 17:17 WIB

Ilustrasi anak berpuasa, menunggu berbuka puasa, menunggu berbuka, godaan puasa. Foto: Republika/Yogi Ardhi Ilustrasi anak berpuasa, menunggu berbuka puasa, menunggu berbuka, godaan puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bulan suci Ramadhan adalah momen di mana umat Islam merayakannya dengan berpuasa dan menjalankan ibadah lain. Dalam bulan ini, para orang tua juga mengenalkan ibadah puasa kepada anak-anaknya.

Mempersiapkan Ramadhan adalah bagian terpenting dari puasa pertama anak-anak. Mereka harus memahami dasar-dasar puasa menurut syariat Islam, mengetahui alasan puasa dipatuhi dan pahalanya. Jika mereka sudah memahami betul tentang puasa, mereka akan terinspirasi untuk berpuasa.

Baca Juga

Pengetahuan lengkap harus dibagikan tentang etika puasa. Misal, membantu orang yang membutuhkan, menghindari berbicara berlebihan atau menggunakan bahasa kasar, dan berperilaku baik. Pemahaman yang jelas juga harus diberikan tentang sahur.

Saat bulan puasa dimulai, anak-anak akan mengalami perubahan pola makan dan tidur. Untuk memudahkan mereka, Dokter Anak Dr Kalpana Sengupta dan Dokter Spesialis Dr Javaid Shah dari Dubai menawarkan sepuluh tips yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajari anak berpuasa, seperti dilansir About Islam, Kamis (7/4/2022):