Enam Cara Berbuka Puasa agar Tubuh Sehat di Bulan Ramadhan

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 07 Apr 2022 14:41 WIB

Enam Cara Berbuka Puasa agar Tubuh Sehat di Bulan Ramadhan . Foto: Panitia menyiapkan menu makanan berbuka puasa di Vihara Dharma Bakti, Petak Sembilan, Jakarta, Rabu (6/4/2022). Vihara Dharma Bakti menyediakan ratusan menu makanan buka puasa Ramadhan 1443 H bagi umat muslim di sekitar vihara untuk mempererat persaudaraan dan toleransi antarumat beragama. Foto: Antara/Wahyu Putro A Enam Cara Berbuka Puasa agar Tubuh Sehat di Bulan Ramadhan . Foto: Panitia menyiapkan menu makanan berbuka puasa di Vihara Dharma Bakti, Petak Sembilan, Jakarta, Rabu (6/4/2022). Vihara Dharma Bakti menyediakan ratusan menu makanan buka puasa Ramadhan 1443 H bagi umat muslim di sekitar vihara untuk mempererat persaudaraan dan toleransi antarumat beragama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Bulan suci ramadhan  menandai semua umat islam melakukan puasa. Selama puasa, buka puasa adalah makanan terpenting hari itu.

Dilansir dari Lifestyle Asia pada Kamis (7/4), saat matahari terbenam, teman dan keluarga berkumpul bersama untuk pesta setelah menjalankan puasa seharian. Oleh karena itu, apa yang harus dimakan dan bagaimana cara makan yang benar agar tetap sehat menjadi perhatian karena pola makan Anda berubah 360 derajat akhir-akhir ini.

Baca Juga

Karena Ramadhan adalah bulan untuk mempraktikkan kebiasaan makan yang baik, ini ada daftar beberapa tips sehat seperti menghindari gula berlebih dan makanan yang digoreng. 

Tips berbuka puasa untuk makan sehat selama Ramadhan yaitu :

1. Jangan Tunda Buka Puasa

Biasanya terjadi bahwa seseorang tidak dapat makan tepat waktu meskipun berpuasa sepanjang hari.  Namun, hal ini tidak boleh dianggap enteng karena tidak makan dalam jangka waktu yang tidak teratur tidak sehat.  Terutama selama musim ini, ketika panas mencapai puncaknya, ia cenderung menguras nutrisi Anda melalui keringat dan dapat membuat Anda sangat lelah.  Karena itu, pastikan Anda makan tepat waktu.

2. Mulailah dengan Minuman

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama dari banyak bahaya kesehatan musim panas.  Dan selama Ramadhan, ketika seseorang tidak bisa minum air sepanjang hari, penting untuk menghidrasi diri Anda dengan benar selama berbuka puasa.  Namun, minumlah air Anda dalam proporsi yang tepat sebelum makan dan jangan kembung sebelum makan malam.  Anda bahkan dapat menggabungkan segelas air dengan menambahkan beberapa bubuk protein, sayuran dan buah-buahan.

3. Makan Buah-Buahan

Setelah seharian berpuasa, sangat jelas mendambakan sesuatu yang padat dan manis.  Namun, disarankan agar Anda menjauhi makanan dengan pengawet dan tambahan gula.  Sebaliknya, pilihlah buah-buahan.  Salah satu buah yang ideal untuk berbuka puasa adalah kurma.  Mereka memiliki nilai gizi tinggi dan memiliki gula alami.  Sementara itu, Anda juga dapat memetik ceri, leci, anggur, dan buah jeruk lainnya, yang sehat untuk kulit dan tubuh Anda selama musim panas.

4. Cobalah Sup

Memulai makanan buka puasa Ramadhan Anda dengan sup adalah pilihan yang bagus. Hal ini dapat membantu Anda mengatasi gangguan pencernaan yang sering dihadapi setelah perut kosong dan makan tiba-tiba setelah seharian berpuasa.  Sup juga merupakan cara sederhana untuk tetap terhidrasi di tengah panas terik.  Anda dapat memilih beberapa jenis dari mereka untuk memastikan memiliki banyak sayuran yang bergizi.

5. Keseimbangan adalah Kuncinya

Memiliki diet seimbang selama Ramadhan adalah penting.  Orang-orang sering cenderung mengisi diri mereka dengan makanan yang menggemukkan karena mereka pikir makanan seperti itu akan membantu mempertahankan diri mereka untuk hari berikutnya.  Memiliki kelebihan jumlah makanan tidak sehat sekaligus dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak perlu. 

Anda perlu menyeimbangkan nutrisi penting dalam diet Anda.  Oleh karena itu, pilihlah makanan kaya protein seperti kacang polong, kacang-kacangan atau tahu untuk makan sehat dan menjaga massa otot.  Bahkan bisa makan ikan, kacang-kacangan dan buah-buahan seperti alpukat untuk menjaga keseimbangan pola makan.

6. Konsumsi Karbohidrat

Mereka yang berpikir makan sehat adalah tentang mengecualikan karbohidrat adalah salah.  Saat berpuasa, tubuh Anda berubah dan menggunakan simpanan karbohidrat yang disebut glikogen untuk energi.  Ini membuatnya penting bagi Anda untuk mengisi ulang karbohidrat bekas di tubuh Anda untuk melanjutkan hari berikutnya.  Oleh karena itu, bersama dengan sayuran hijau dalam jumlah yang baik, tambahkan beberapa karbohidrat seperti ubi jalar, beras merah, pasta dan lain-lain ke dalam makanan Anda.

Sumber :

https://www.google.co.id/amp/s/www.lifestyleasia.com/ind/food-drink/dining/healthy-ways-to-break-your-iftaar-fast-this-ramadan/amp/

Terpopuler