Sensasi Bukber di Tengah Sawah dengan Menu Khas Sunda di Taman Safuri

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 07 Apr 2022 14:45 WIB

Menu makanan khas Sunda di Taman Safuri, Cirebon, Jawa Barat. Taman Safuri menyajikan sensasi bersantap di tengah sawah. Foto: Republika/Andrian Saputra Menu makanan khas Sunda di Taman Safuri, Cirebon, Jawa Barat. Taman Safuri menyajikan sensasi bersantap di tengah sawah.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Bagi Anda yang sedang berburu lokasi buka puasa bersama di sekitar Cirebon, Jawa Barat cobalah untuk menempatkan Taman Safuri dalam daftar Anda. Di sini Anda bukan saja bisa menikmati berbagai menu makanan khas Sunda dengan harga yang terjangkau, tapi Anda juga bisa merasakan sensasi menunggu waktu maghrib dan menyantap hidangan buka puasa di tengah area persawahan.

Ya, Taman Saufi memang berada di tengah-tengah area persawahan. Tepatnya berlokasi di Desa, Pamijahan, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon.

Baca Juga

Sejatinya ini merupakan tempat wisata edukasi yang dibuat oleh salah seorang warga setempat. Luasnya sekitar 1.000 meter persegi.

Taman wisata ini berada di tengah-tengah area persawahan milik warga. Saban akhir pekan banyak wisatawan yang berkunjung untuk melihat berbagai tanaman yang dibudidayakan di Taman Safuri. 

Disini tersedia sejumlah gazebo bambu yang dapat digunakan untuk tempat bersantai menunggu waktu berbuka. Pengunjung bisa ngabuburit dengan melihat-lihat berbagai jenis tanaman seperti pohon mangga india, pohon zaitun, pohon ara atau tin dan lain-lain serta berbagai jenis bunga.

Ada juga sejumlah spot menarik yang sengaja dibuat oleh pengelola untuk pengunjung berswafoto. Taman Safuri juga dilengkapi fasilitas mushala dan toilet.

Bagi Anda yang ingin mengadakan acara berbuka puasa bersama di tempat ini sangat disarankan untuk jauh-jauh hari melakukan reservasi tempat. Sehingga pengelola memiliki waktu untuk melakukan persiapan tempat dan makanan. Terlebih banyak pengunjung yang datang ke tempat ini ketika bulan Ramadhan. 

"Hari-hari biasa (sebelum Ramadhan) itu ramainya kalau Sabtu-Ahad, kan ada anak-anak libur atau dari sekolahan biasanya, tapi puasa itu dari sore sudah ramai," kata Tuki salah seorang penjaga Taman Safuri kepada Republika beberapa waktu lalu. 

Menu favorit di sini adalah ikan bakar. Pengunjung  bisa memesan jenis ikannya, seperti nila atau lainnya. Dan yang pasti disuguhkan bersama ikan bakar adalah sambel terasi lengkap dengan lalapan.

Selain itu, ada juga ayam bakar, urap, sayur asem, ikan wader, tahu tempe, oseng-oseng dan lain-lain. Untuk Anda yang ingin mengadakan buka puasa bersama di sini, bisa memesan dengan sistem paketan dengan harga Rp 30 ribu per paket untuk satu orang. Menariknya, lagi ikan bakar dan lauk pauk lainya yang dipesan akan disajikan dalam wadah gerabah sehingga memberikan nuansa lebih tradisional.