Polres Gowa Lakukan Pengamanan Masjid Selama Ramadhan

Red: Andi Nur Aminah

Selasa 05 Apr 2022 19:29 WIB

Umat Islam melaksanakan Shalat Tarawih pertama di Masjid Agung Syekh Yusuf, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (ilustrasi) Foto: ANTARA/Abriawan Abhe Umat Islam melaksanakan Shalat Tarawih pertama di Masjid Agung Syekh Yusuf, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GOWA -- Polres Gowa, Sulawesi Selatan, beserta jajaran di tingkat Polsek selama Ramadhan 1443 Hijriah melakukan pengamanan masjid untuk menciptakan suasana damai dan hikmat bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa tersebut. Kapolres Gowa AKBP Tri Goffarudin di Gowa, Selasa (5/4/2022) mengatakan pengamanan masjid dilakukan agar masyarakat yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan bisa lebih hikmat dan khusyuk termasuk memastikan penerapan protokol kesehatan.

"Pengamanan masjid untuk memberikan rasa aman, nyaman dan tentunya khusyuk bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa," ujarnya.

Baca Juga

AKBP Tri Goffaruddin menyatakan sebanyak 494 personel Polres dan Polsek jajaran dikerahkan untuk menjaga rumah-rumah ibadah. Pengamanan akan dilakukan saat para jamaah sedang melaksanakan shalat isya, subuh dan shalat sunnah tarawih agar tidak terganggu dengan aktivitas lainnya oleh orang-orang lainnya.

"Sekitar 494 personel Polres dan Polsek jajaran kami turunkan untuk disebar menjaga masjid saat melaksanakan shalat isya, tarawih dan subuh di wilayah Kabupaten Gowa," tuturnya.

Menurut dia, pengaman tersebut bertujuan untuk memberi rasa aman dan nyaman agar masyarakat dapat melaksanakan shalat isya, tarawih dan subuh dengan rasa aman. Serta mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas seperti aksi balapan liar saat subuh maupun malam hari.

"Umumnya itu setelah buka puasa atau saat shalat Isya dilanjutkan shalat tarawih, banyak balapan liar yang tentu saja itu akan mengganggu kekhusyukan saudara-saudara kita yang sedang melaksanakan ibadah," katanya.

Selain di wilayah perkotaan di Kabupaten Gowa, juga dilakukan pengamanan di wilayah lainnya yang di lakukan oleh Polsek jajaran Polres Gowa. Kapolres Gowa AKBP Tri Goffarudin berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Gowa agar bersama-sama membangun sinergitas dengan Polri, TNI dan Pemerintah untuk menjaga kamtibmas yang aman, nyaman serta kondusif selama Bulan Suci Ramadhan tahun ini.