Gelar Banyak Kegiatan Ramadhan, MASK Tetap Terapkan Prokes

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko

Kamis 31 Mar 2022 16:45 WIB

Masjid Agung Sunda Kelapa Foto: Republika/Prayogi Masjid Agung Sunda Kelapa

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA--Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) memiliki banyak program-program keagamaan selama Ramadhan. Meski demikian program ini dijalankan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) salah satunya jaga jarak dan wajib memakai masker.

"Shaf sholat masih berjarak," kata Sekretaris MASK, Ahmad Zani, saat dihubungi Republika, Kamis (31/3/2022).

Baca Juga

Ahmad Zaini mengatakan, MASK belum bisa merapatkan Shaf, meski Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah merekomendasikan jamaah masjid boleh merapatkan Shaf. Hal ini dilakukan demi kepentingan bersama terhindar dari virus Covid-19.

"Bagi kami menilai sisi urgensinya yaitu menjaga keselamatan kita semua, dan sampai sekarang kita juga belum melihat membludaknya jamaah yang datang maka penerapan jaga jarak masih relevan kita lakukan," ujarnya.

Ahmad Zaini menuturkan, MASK memiliki banyak progam yang akan dilaksanakan selama bulan Ramadhan unggulan. Namun, tahun ini MASK lebih konsentrasi kepada pendidikan dan peningkatan kualitas ibadah para jamaah. 

"Ramadhan ini akan lebih fokus kepada pendidikan dan peningkatan kualitas ibadah jamaah," katanya.

Dia mengatakan, program pendidikan dan peningkatan kualitas ibadah itu akan digelar pada waktu malam dan subuh Ramadhan. Diharapkan banyak jamaah yang bisa hadir pada program tersebut.

"Seperti kajian-kajian setiap malam, ditambah dengan kuliah subuh, dan tausiyah pada 10 malam terakhir Ramadhan saat qiyamullail," katanya.