Sabtu 26 Mar 2022 00:37 WIB

Pemkot Sukabumi Ajak Kaum Ibu Bijak Bimbing Anak Berinternet

Di masa pandemi ini selain menjadi ibu rumah tangga ibu juga berperan sebagai guru

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Diskominfo Kota Sukabumi gelar seminar penggunaan internet bijak dan sehat ke kaum ibu, Kamis (24/3/2022)
Foto: istimewa
Diskominfo Kota Sukabumi gelar seminar penggunaan internet bijak dan sehat ke kaum ibu, Kamis (24/3/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Literasi tentang penggunaan internet yang bijak dan sehat sangat penting dilakukan. Khususnta ditujukan kepasa ibu-ibu agar membimbing anak-anak di rumah agar bijak dalam menggunakan internet.

'' Kaum ibu memiliki peranan penting di era digital saat ini,'' ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, Jumat (25/3/2022). Sehingga lembaganya menggelar seminar penggunaan internet bijak dan sehat bersama Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Sukabumi pada Kamis (24/3/2022) lalu. Khhususnya, di masa pandemi Covid-19 yang lebih mendekatkan anak pada internet seperti halnya metode pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Baca Juga

Sehingga kata Rahmat, di masa pandemi ini selain menjadi ibu rumah tangga para ibu juga berperan sebagai guru yang mendampingi anaknya dalam PJJ. Meskipun diakuinya kesadaran kaum ibu di Kota Sukabumi dalam menggunakan internet dengan bijak dan sehat sudah cukup bagus.

Namun kata Rahmat, pendampingan mentalitas dengan teknologi digital masih harus dilakukan. Harapannya agar para ibu dapat menjadi contoh yang baik bagi anaknya.

Oleh karena itu lanjut Rahmat, sasaran dari edukasi internet bijak adalah para ibu. Contohnya pada seninar internet bijak sekitar 90 persen peserta kegiatan ini adalah dari kaum ibu.

Dalam seminar tersebut ungkap Rahmat, para ibu diberi pemahaman tentang bagaimana cara agar terhindar dari berita hoax. Selain itu bijak dalam menyaring informasi sebelum disebar.

Harapannya tutur Rahmat, setelah diberi pemahaman melalui seminar ini kedepannya para ibu dapat mengimplementasikan wawasannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga anak-anak dapat terhindar dari pengaruh negatif dari internet.

Ketua TP PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi mengatakan, peran ketahanan keluarga dalam literasi digital sangat penting. Khususnya dalam mengarahkan anak agar menggunakan teknologi informasi dengan bijak dan sehat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement