Jumat 18 Mar 2022 10:30 WIB

Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Dasar Manajemen Kewirausahaan

Seorang wirausahawan, perlu memiliki kemampuan untuk mengembangkan kombinasi baru

Dosen program studi (prodi) Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), sukses melaksanakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan dasar manajemen kewirausahaan.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Dosen program studi (prodi) Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), sukses melaksanakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan dasar manajemen kewirausahaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dosen program studi (prodi) Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), sukses melaksanakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan dasar manajemen kewirausahaan. Kegiatan ini ditujukan untuk staf Yayasan Taman Qur’aniyah yang berlokasi di Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Frida Aprilia, Alan Budi Kusuma, Iwan Supriyanto dan Susie Sugiarti merupakan tim dosen yang memberikan pelatihan. Frida selaku ketua pelaksana menuturkan, mengembangkan kewirausahaan merupakan salah satu upaya untuk memanfaatkan waktu dan kegiatan serta modal yang dimiliki seseorang.

Baca Juga

“Melalui kewirausahaan, seseorang akan menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi. Seorang wirausahawan, perlu memiliki kemampuan untuk mengembangkan kombinasi baru dari berbagai sumber daya di sekitarnya. Kegiatan ini bertujuan membantu meningkatkan motivasi dan kreativitas mereka, dalam melihat peluang untuk bertahan dalam kondisi pasca pandemi saat ini,” ujar Frida dalam rilis yang diterima, Jumat (18/3/2022).

Ia menambahkan, manfaat dari kegiatan wirausaha, antara lain: hidup bermanfaat bagi orang lain, mengurangi pengangguran, membantu mengatasi kesulitan mencari lapangan kerja, mengurangi ketergantungan, serta membantu pemerintah dan masyarakat dalam pengembangan bidang ekonomi.

“Menentukan potensi usaha merupakan langkah penting dalam merencanakan kegiatan wirausaha. Mengembangkan ide usaha, menangkap produk/jasa yang paling dibutuhkan orang/pasar, memahami potensi diri, serta memahami kondisi ekonomi merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam menentukan potensi usaha sesuai dengan kemampuan calon wirausahawan,” imbuhnya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini para staf Yayasan Taman Qur’aniyah dapat menjadi wirausahawan yang sukses dengan memiliki sikap bekerja keras, mengutamakan kepuasan konsumen serta meningkatkan ketangguhan wirausaha melalui keterampilan manajemen, pembinaan motivasi, semangat kerja sama dan pengelolaan risiko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement