Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

BNPB: Tanggul Sementara Dibangun Setelah Banjir di Pasuruan

Sabtu 05 Mar 2022 16:50 WIB

Red: Ratna Puspita

Tanggul sementara di daerah aliran sungai (DAS) Lawean dan Rejoso di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur dibangun, pascameluapnya air akibat hujan dengan intensitas tinggi dan menyebabkan banjir di permukiman warga sekitarnya pada Jumat (4/3/2022) sore. Ilustrasi

Tanggul sementara di daerah aliran sungai (DAS) Lawean dan Rejoso di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur dibangun, pascameluapnya air akibat hujan dengan intensitas tinggi dan menyebabkan banjir di permukiman warga sekitarnya pada Jumat (4/3/2022) sore. Ilustrasi

Foto: republika
Banjir melanda daerah aliran sungai Lawean dan Rejoso di Kabupaten Pasuruan kemarin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tanggul sementara di daerah aliran sungai (DAS) Lawean dan Rejoso di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur dibangun, pascabanjir. Air meluap akibat hujan dengan intensitas tinggi dan menyebabkan banjir di permukiman warga sekitarnya pada Jumat (4/3/2022) sore.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (5/3/2022), mengatakan, pembangunan tanggul sementara guna meminimalisasi dampak luapan susulan. "Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, tim gabungan dan masyarakat, bahu-membahu membuat tanggul sementara dengan menggunakan 400 karung pasir yang disediakan oleh BPBD," kata Abdul.

Baca Juga

Dilaporkan pada Sabtu pukul 06.30 WIB, banjir yang sempat menggenangi 340 unit rumah dan berdampak pada 340 keluarga dengan ketinggian muka air bervariasi antara 20-50 sentimeter tersebut telah surut. Abdul mencatat, empat desa terdampak banjir, yaitu di Kecamatan Nguling meliputi Desa Nguling, Desa Penunggul dan Desa Mlaten. 

Kemudian pada Kecamatan Winongan meliputi Desa Winongan Lor. BPBD Kabupaten Pasuran bersama tim gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, pemerintah daerah setempat dan relawan bergerak ke lokasi terdampak saat banjir terjadi, untuk melakukan pemantauan, pendataan dan memberikan dukungan makanan siap saji bagi warga terdampak.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada hari Sabtu hari ini hingga Senin (7/3/2022) untuk wilayah Kabupaten Pasuruan dan sebagian wilayah Provinsi Jawa Timur. Merespons hal tersebut, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat agar tetap waspada akan potensi hujan lebat yang dapat mengakibatkan banjir susulan.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA