Kamis 24 Feb 2022 08:40 WIB

Sering Kurang Tidur, 5 Efek Samping Insomnia Ini Bisa Mengusik

Penderita insomnia dapat merasakan efek samping jangka panjang dari kurang tidur.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Susah tidur (Ilustrasi). Efek samping insomnia dapat terjadi dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Foto: Republika/Wihdan
Susah tidur (Ilustrasi). Efek samping insomnia dapat terjadi dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Insomnia dapat membuat orang tak bertenaga saat menjalani hari. Di samping itu, ada lima efek samping lain dari kurang tidur yang harus Anda ketahui.

1. Anda cenderung menjadi tidak sehat

Baca Juga

Dilansir laman Express.co.uk, Rabu (23/2/2022), terkena selesma, flu, atau jatuh sakit karena Covid-19 akan membuat kebanyakan orang merasa lelah. Keluhan itu bisa terasa lebih buruk jika Anda sebelumnya sudah sering kurang tidur.

Penderita insomnia berisiko mengalami kekurangan tidur jangka panjang karena ketidakmampuan mereka untuk terlelap. Kondisi ini mengganggu kemampuan tubuh untuk memproduksi zat penangkal infeksi dalam sistem kekebalan tubuh.

Menurut situs medis terakreditasi Healthline, kurang tidur mengurangi produksi antibodi dan sitokin yang digunakan untuk melawan bakteri dan virus. Anda tidak hanya akan lebih rentan terkena kondisi umum ini, tapi juga bisa membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih darinya.

2. Gairah seksual yang lebih rendah

Terlalu lelah merupakan salah satu alasan paling umum suami-istri untuk melewatkan hubungan seksual di malam hari. Hal itu bisa menjadi masalah yang lebih dalam.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa perempuan 14 persen lebih mungkin untuk menunjukkan minat pada aktivitas seksual dengan setiap jam tidur ekstra yang didapat. Sementara itu, kadar testosteron yang rendah bisa menjadi penyebab enggan berhubungan intim pada pria yang berjuang untuk mendapatkan tidur malam antara enam sampai delapan jam.

Insomnia tidak hanya membuat Anda terlalu lelah untuk memikirkan hubungan intim, tapi juga bisa membuatnya kurang menyenangkan saat melakukannya ketika kurang tidur. Studi ini menemukan perempuan yang cukup tidur juga melaporkan gairah genital yang lebih baik, yang memainkan peran penting dalam kepuasan mereka secara keseluruhan dalam berhubungan suami-istri.

3. Sistem saraf Anda lebih lambat dari biasanya

Efek samping internal dari insomnia mungkin tidak terlihat oleh mata. Akan tetapi, tidur memainkan peran besar dalam kelancaran fungsi otak dan tubuh sehari-hari.

Tidur sangat penting untuk mendukung fungsi normal sistem saraf. Insomnia kronis dapat mengganggu cara tubuh mengirim dan memproses informasi.

"Selama tidur, jalur terbentuk antara sel-sel saraf (neuron) di otak Anda yang membantu Anda mengingat informasi baru yang telah Anda pelajari," menurut Healthline.

Kurang tidur membuat otak Anda lelah, sehingga tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Perubahan suasana hati, toleransi yang rendah, dan perasaan tidak sabar adalah tanda-tanda emosional yang umum bahwa Anda membutuhkan lebih banyak tidur. Ini semua dapat membahayakan pengambilan keputusan dan bakat kreatif Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement