Rabu 16 Feb 2022 19:10 WIB

Digiserve by Telkom Hadirkan Layanan SDWAN

SDWAN memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan manfaat jaringan

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Gita Amanda
PT Digital Aplikasi Solusi atau yang dikenal sebagai Digiserve by Telkom Indonesia selesai melakukan transformasi bisnis.
Foto: Istimewa
PT Digital Aplikasi Solusi atau yang dikenal sebagai Digiserve by Telkom Indonesia selesai melakukan transformasi bisnis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Digital Aplikasi Solusi atau yang dikenal sebagai Digiserve by Telkom Indonesia selesai melakukan transformasi bisnis. Perusahaan yang diakuisisi oleh PT Telkom Indonesia (Persero) melalui TelkomMetra di tahun 2021 ini siap memberikan pelayanan terbaik.

Salah satu layanan unggulan yang dihadirkan adalah Software Defined Wide Area (SDWAN). Direktur Sales dan Operasional Digiserve, Agus F Abdillah mengatakan, ada beberapa faktor penerapan SDWAN di Indonesia. Pertama adalah migration to the cloud di mana infrastruktur digital seperti cloud telah menjadi fokus utama perusahaan dalam perjalanan transformasi digital.

Baca Juga

"Selain migration, faktor penerapan SDWAN adalah optimization of network consistency di mana perusahaan membutuhkan konsistensi jaringan dengan arsitektur jaringan terbaik dalam organisasi, terutama bagi perusahaan yang memiliki banyak cabang dan kantor," kata Agus secara virtual, Rabu (16/2/2022).

Sedangkan faktor ketiga, yaitu Automation on application performance di mana Managed SDWAN memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan manfaat jaringan dan keluaran aplikasi untuk organisasi yang akan mengarah pada efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan jaringan.

Berdasarkan data IDC Black Book 2021, belanja ICT perusahaan di Indonesia diperkirakan mencapai Rp 119 triliun pada tahun 2022. Jumlah tersebut tumbuh 7,6 persen dibandingkan tahun 2021. Dalam lima tahun ke depan, diperkirakan pasar akan tumbuh sebesar 9,2 persen (CAGR 2020-2025) yang didorong oleh services dan software sejalan dengan transformasi digital dalam organisasi.

Menurut Agus, tren customer and operational excellence tetap menjadi fokus utama perusahaan di Indonesia dengan modernisasi infrastruktur, termasuk infrastruktur cloud, optimalisasi aplikasi dengan connectivity, dan digital workspaces sebagai fokus utama. "Kemampuan analitik dan keamanan juga harus ditingkatkan dalam organisasi. Oleh karena itu, kami hadir menjadi solusi bagi perusahaan yang melakukan transformasi digital," ujarnya.

Layanan unggulan SDWAN ini berpotensi untuk diimplementasi oleh industri unggulan yaitu perbankan dan layanan keuangan karena industri ini berkembang dan menunjukkan komitmen terhadap transformasi digital di Tanah Air. Selain itu, sektor manufacturing, retail and distribution juga bisa mengimplementasikan program ini sejalan era industri 4.0 di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur Digiserve, Ahmad Hartono, menjelaskan setelah menyelesaikan transformasi bisnisnya, kini Digiserve siap untuk mengakselerasi pertumbuhan dengan menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi para pelanggannya. Adanya dukungan kuat dari Telkom Group membuat perusahaan makin percaya diri dalam menjawab tantangan tren market dan bisnis ICT Managed Solutions di Indonesia.

"Sebagai direksi baru perusahaan, saya meyakini Digiserve akan tumbuh menjadi perusahaan yang besar. Kuncinya terletak pada sinergi dan kolaborasi. Di sisi lain, kami juga akan menjalankan secara konsisten business plan yang sudah dipersiapkan, serta mempertahankan budaya perusahaan dan reputasinya yang sudah terbangun dengan baik," kata Hartono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement