Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Hati-Hati, Dosa Ini Dihukum Berat Saat Bulan Rajab

Rabu 16 Feb 2022 13:59 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil

Hati-hati, Dosa Ini Dihukum Berat Saat Bulan Rajab. Foto:   Amalan terhindari dari perbuatan maksiat. Ilustrasi

Hati-hati, Dosa Ini Dihukum Berat Saat Bulan Rajab. Foto: Amalan terhindari dari perbuatan maksiat. Ilustrasi

Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Waspada membuat dosa di bulan Rajab.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Momen bulan Rajab yang saat ini sedang berlangsung, merupakan salah satu bulan istimewa dalam Islam. Bulan ini masuk dalam daftar bulan haram yang terdiri dari Rajab, Dzul-Qa'dah, Dzul-Hijjah, dan Muharram. 

Keistimewaan bulan ini dijelaskan para ulama, masuk dalam bulan istimewa yang ada dalam surat at-Taubah ayat 36.

Baca Juga

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ 

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa."

Dilansir dari Elbalad, bulan-bulan ini disebut haram karena Islam mengharamkan peperangan antar manusia pada bulan-bulan tersebut. Pada bulan-bulan ini, Allah SWT juga melipatgandakan perbuatan baik, anjuran memperbanyak sedekah dan perbuatan baik, dan untuk menghindari dosa dan kemaksiatan.

Tapi ada satu dosa yang juga diperingatkan untuk dihindari manusia pada bulan ini, yaitu kedzaliman. Hal ini karena berbuat dzalim pada bulan-bulan haram, dosanya lebih besar dari bulan lain atau dilipatgandakan hukumannya. Dzalim di sini, meliputi berbuat dzalim kepada orang lain, dzalim kepada diri sendiri, dzalim kepada Tuhan dengan melanggar hak-hak-Nya dan dzalim kepada makhluk lain. 

Selain dilipatgandakan hukumannya, pada bulan Rajab atau bulan haram lainnya, seorang Muslim dianjurkan untuk meningkatkan amal ibadahnya, lebih giat dibanding bulan lain. Hal ini karena ganjaran atau pahala amal di bulan ini juga besar. 

Ibnu 'Abbas berkata, dari bulan-bulan itu Allah mengkhususkan empat bulan, yaitu : Dzul qa'dah, Dzul hijjah, Muharram, Rajab, Allah menjadikan mereka bulan-bulan yang suci dan kesuciannya begitu diagungkan, dan menjadikan dosa di dalamnya juga besar, sebagaiman Dia menjadikan amal shalih dan balasannya lebih besar. 

Adapun Qhatdah berkata pada firman Allah tentang bulan-bulan haram : { فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ } "maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu" sesungguhnya kedzaliman pada bulan-bulan haram adalah kesalahan yang paling besar dibandingkan pada bulan-bulan lainnya, walaupun semua kedzaliman adalah dosa yang besar, namun Allah berhak membesarkan suatu perkara sesuka-Nya. 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA