Senin 14 Feb 2022 14:45 WIB

Singapura Miliki Fasilitas Kesehatan Terbaru untuk Pasien Covid-19 Anak

Fasilitas yang terletak di Hall 9 Singapore Expo memiliki sekitar 600 bed.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. Singapura memiliki fasilitas kesehatan baru untuk anak dan orang tua sebagai respons menyebarnya varian omicron.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. Singapura memiliki fasilitas kesehatan baru untuk anak dan orang tua sebagai respons menyebarnya varian omicron.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA --  Fasilitas perawatan Covid-19 di Singapura untuk anak-anak dan orang tua mulai dibuka pada Senin (14/2/2022). Fasilitas yang disebut sebagai CTF di Singapore Expo diharapkan dapat membantu rumah sakit dalam merawat pasien yang paling rentan di tengah gelombang Omicron di negara itu. 

Dalam sebuah unggahan di Facebook, Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung mengatakan fasilitas baru yang terletak di Hall 9 Singapore Expo memiliki sekitar 600 tempat tidur untuk anak-anak dan pengasuh mereka. Selain itu, terdapat 224 tempat tidur untuk pasien yang merupakan orang lanjut usia. 

Baca Juga

"Karena varian Omicron lebih mungkin menginfeksi anak-anak daripada varian Delta, fasilitas baru ini akan melengkapi rumah sakit kami dalam memberikan perawatan kepada pasien anak jika mereka perlu dirawat di rumah sakit,” ujar Kung, dilansir The Strait Times, Senin (14/2/2022). 

Kung mengatakan pertahanan terbaik adalah membuat anak-anak divaksinasi. Anak-anak berusia lima hingga 11 tahun saat ini memiliki tingkat kasus Covid-19 di Singapura, dengan kasus sekitar 67 per 100.000 penduduk. 

Sementara, anak-anak yang berusia 12 hingga 19 tahun memiliki kasus Covid-19 sekitar 55 per 100.000. Dalam sebuah video bersama dalam unggahan di Facebook, Kung mengatakan bahwa CTF memiliki banyak otomatisasi dan teknologi. 

Sebagai contoh, CTF memiliki robot untuk mengirim dan mengumpulkan linen, serta melakukan penyemprotan dan desinfeksi. Fasilitas ini juga memiliki lebih banyak ruang keluarga dan area olahraga yang luas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement