Ahad 13 Feb 2022 02:13 WIB

Kalahkan Palmeiras, Chelsea Juara Piala Dunia Antarklub 2021

Chelsea kalahkan Palmeiras 2-1 lewat babak tambahan di final Piala Dunia Antarklub.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Para pemain Chelsea merayakan gol yang dicetak Kai Havertz (tengah) ke gawang Palmeiras pada final Piala Dunia Antarklub, Ahad (13/2/2022) dini hari WIB
Foto: AP Photo/Hassan Ammar
Para pemain Chelsea merayakan gol yang dicetak Kai Havertz (tengah) ke gawang Palmeiras pada final Piala Dunia Antarklub, Ahad (13/2/2022) dini hari WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chelsea pertahankan dominasi Eropa di final Piala Dunia Antarklub atas wakil Amerika Selatan. Chelsea menjuarai Piala Dunia Antarklub 2021 setelah menaklukkan Pameiras 2-1 di Stadion Mohammed bin Zayed, Abu Dhabi, Ahad (13/2/2022) dini hari WIB. Pertandingan berlangsung sengit hingga perpanjangan waktu, sampai Kai Havertz mencetak gol kemenangan Chelsea dari titik putih.

Chelsea mengambil kesempatan ini untuk membayar kegagalan mereka di edisi tahun 2012 ketika kalah 0-1 dari tim Brasil Corinthians di final. Atas kemenangan ini, juara Liga Champions berhak mengangkat trofi kedua mereka musim ini, setelah sebelumnya mengangkat Piala Super UEFA di awal musim.

Baca Juga

Kemenangan ini membuat wakil Eropa terus menjaga dominasinya di pentas Piala Dunia Antarklub. Dalam sembilan edisi terakhir wakil Eropa selalu muncul sebagai juara sejak terakhir kali Corinthians mengalahkan Chelsea pada final 2012 lalu.

Jalannya laga 

 The Blues unggul dalam penguasaan bola di lima menit pertama. Tapi pasukan Thomas Tuchel masih kesulitan untuk membongkar area pertahanan klub asal Brasil tersebut. Tidak ada peluang berarti yang berhasil diciptakan oleh kedua tim selama 20 menit awal. 

Palmeiras akhirnya menciptakan peluang di menit ke-24, saat Danilo memberikan terobosan kepada Dudu. Dia memotong ke dalam, melewati tiga bek Chelsea untuk membuka ruang di tepi. Dia memiliki tendangan dari jarak jauh, tetapi tendangannya melengkung tinggi di atas mistar. 

Empat menit berselang, Palmeiras kembali mengancam. Umpan terobosan Veiga melewati Christensen dan Rafael. Dia punya ruang di sebelah kiri kotak, tapi tidak bisa menyortir kakinya cukup cepat dan tembakannya masih melebar. 

Pada menit ke-37, Rafael menerima pelanggaran dari Pulisic dan dia melangkah untuk mengambil tendangan bebas tepat di luar kotak. Dia mencoba untuk mengarahkan bola ke sudut dekat atas, tapi itu terlalu tinggi di atas mistar. 

Chelsea mendapat peluang emas mereka di menit-menit akhir. Silva lolos dari penjagaan bek dan ketika ruang terbuka melalui tengah, dia memutuskan untuk menembak dari jarak jauh ke arah tiang dekat Weverton bisa menepisnya. 

Chelsea akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-54 melalui gol yang diciptakan oleh Lukaku dengan tandukannya saat menerima umpan silang dari Hudson-Odoi yang berlari dari sisi kiri. Skor 1-0 untuk the Blues. 

Namun keunggulan tidak berlangsung lama. Sepuluh menit berselang, Palmeiras berhasil menyamakan kedudukan ketika dihadiahi penalti setelah handball dari Silva di area terlarang. Veiga berhasil menyelesaikan tugasnya dari titik putih untuk mengubah skor menjadi 1-1. 

Laga berlangsung ketat dengan kedua tim saling jual beli serangan di sepanjang pertandingan. Skor masih tetap imbang di 90 menit waktu normal. Wasit memberikan tambahan waktu lima menit untuk mencari pemenang kejuaraan ini, tapi tak ada gol tercipta. 

Pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Tidak ada perubahan di 15 menit pertama meskipun kedua tim sama-sama menciptakan peluang dan ancaman ke gawang lawan. Tapi Chelsea mendapat hadiah penalti di menit ke-115 karena handball Luan.

Havertz yang mengambil tanggung jawab sebagai eksekutor tendangan titik putih berhasil menyelesaikan tugasnya dan membawa Chelsea unggul 2-1. Palmeiras kemudian kehilangan pemain bertahannya Luan Garcia yang dikartu merah jelang laga berakhir. Skor ini bertahan hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit Chris Beath dari Australia.

Daftar Susunan Pemain: 

Chelsea (3-4-2-1)

Edouard Mendy; Andreas Christensen (Malang Sarr 90'), Thiago Silva, Antonio Rudiger; Cesar Azpilicueta, N'Golo Kante, Mateo Kovacic (Hakim Ziyech 90'), Callum Hudson-Odoi (Saul Niguez 77'); Mason Mount (Christian Pulisic 31'), Kai Havertz; Romelu Lukaku (Timo Werner 76'). 

Pelatih: Thomas Tuchel

Palmeiras (4-2-3-1)

Weverton; Marcos Rocha (Deyverson 118'), Gustavo Gomez, Luan Garcia (kartu merah 126'), Joaquin Piquerez; Danilo, Ze Rafael (Jailson 60'); Dudu (Rafael Navarro 103'), Raphael Veiga (Eduard Atuesta 78'), Gustavo Scarpa; Roni (Wesley 77').

Pelatih: Abel Ferreira

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement