Jumat 11 Feb 2022 10:29 WIB

Sting Jual Katalog Musiknya ke Universal

Sting melepas katalog musik solonya dan The Police ke Universal.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi dan salah satu pendiri band rock The Police, Sting, menjual katalog musiknya ke Universal Music Publishing Group (UMPG).
Foto: EPA
Penyanyi dan salah satu pendiri band rock The Police, Sting, menjual katalog musiknya ke Universal Music Publishing Group (UMPG).

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON — Penyanyi-penulis lagu asal Inggris, Sting, telah menjual katalog musiknya ke Universal Music Publishing Group (UMPG). Perusahaan itu mengungkapkan, ini merupakan langkah terbaru seorang seniman untuk memonetisasi karya mereka.

Kesepakatan terdiri dari keseluruhan karya solo Sting serta karya-karya ketika dia bersama band rock The Police. Lagu klasik hitnya, "Every Breath You Take", "Roxanne", "Shape Of My Heart", "Message in a Bottle", " Fields Of Gold", "Desert Rose”, dan "Englishman in New York" termasuk yang dilepas ke UMPG.

Baca Juga

Sebagai bagian penerbitan dari Universal Music Group (UMG), UMPG tidak mengungkapkan rincian nilai keuangan dari kesepakatan yang menyatukan penerbitan musik Sting dan katalog rekaman musik tersebut. Sementara itu, sumber yang mengetahui kesepakatan itu mengatakan bahwa nilainya 300 juta dolar AS (sekitar Rp 4,3 triliun).

"Sangat penting bagi saya bahwa pekerjaan karier saya memiliki rumah di mana itu dihargai dan dihormati, tidak hanya untuk terhubung dengan penggemar lama dengan cara baru, tetapi juga untuk memperkenalkan lagu saya kepada audiens, musisi, dan generasi baru," kata Sting dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters, Kamis (10/2/2022).

Sepanjang kariernya, Sting mengaku telah menikmati hubungan sukses dengan UMG sebagai mitra labelnya. Karena itu, menurut dia wajar untuk menyatukan semua karyanya dalam satu rumah terpercaya.

Sebagai salah satu pendiri, vokalis, dan bassis The Police, Sting dan bandnya telah merilis lima album studio antara 1978 hingga 1983. Sebagai artis solo, musisi kelahiran 2 Oktober 1951 itu telah meluncurkan lebih dari belasan album studio, dimulai dengan The Dream of Blue Turtles pada 1985. Rekor terbarunya The Bridge dirilis pada November 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement