Jumat 11 Feb 2022 01:38 WIB

Microsoft Klaim Teams Kini Lebih Hemat Daya Hingga 50 Persen, Kok Bisa?

Microsoft telah mengerjakan optimalisasi kamera untuk mengurangi beban CPU.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Tampilan Microsoft Teams.
Foto: Microsoft
Tampilan Microsoft Teams.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Microsoft mengatakan aplikasi konferensi videonya Microsoft Teams sekarang lebih hemat daya hingga 50 persen daripada satu setengah tahun lalu pada Juni 2020. Dalam posting blog oleh Robert Aichner, Manajer Program Grup Utama di Microsoft di Intelligent Communication and Conversation Cloud (IC3) group menjelaskan bagaimana kinerja ini bisa tercapai. 

Evaluasi dilakukan dengan membuat kerangka kerja yang sesuai untuk menguji berbagai skenario yang sebagian besar melibatkan panggilan video grup dan berbagai layar.

Baca Juga

“Selain mengurangi biaya energi, pengoptimalan ini menurunkan beban pada perangkat keras organisasi dan meningkatkan konsistensi dan efisien rapat Teams dan pengalaman menelpon di seluruh perangkat,” ujar Microsoft, dilansir dari Neowin, Kamis (10/2/2022).

Singkatnya, Microsoft telah mengerjakan optimalisasi kamera untuk mengurangi beban CPU. Selain itu juga meningkatkan penskalaan ulang video Teams saat bekerja dengan panggilan grup resolusi berbeda, dan akselerasi perangkat keras berbasis GPU.

Perusahaan juga menambahkan bahwa itu belum selesai karena akan terus membuat Teams lebih efisien dengan bekerja sama dengan vendor CPU dan GPU.

“Ke depannya, kami akan terus bekerja sama dengan vendor chipset CPU dan GPU untuk memastikan generasi silikon berikutnya lebih dioptimalkan untuk konferensi video Teams,” ujar Microsoft.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement