Rabu 02 Feb 2022 13:38 WIB

Tampilan Baru Gmail Mirip Microsoft Outlook

Tampilan antarmuka baru akan diluncurkan pada 8 Februari.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Gmail
Gmail

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Gmail Google mengumumkan antarmuka pengguna (UI) terpadu baru yang membuatnya lebih mudah untuk beralih antar aplikasi. Sepintas, tampaknya agak mirip dengan Microsoft Outlook, meskipun ada beberapa perbedaan.

Aplikasi tersimpan rapi di panel kiri sedangkan opsi untuk label dan email sekarang ditampilkan secara lengkap di sebelahnya.

Baca Juga

Dengan aplikasi yang berada di posisi baru, Anda tidak perlu beralih antar tab atau jendela untuk menggunakan Obrolan atau Meet karena Anda dapat melakukannya langsung di jendela browser yang sama. Gelembung notifikasi juga akan ditampilkan untuk setiap aplikasi. Untuk kedepannya, Google juga akan menawarkan pengalaman pencarian terpadu sehingga menunjukkan hasil dari aplikasi terintegrasi seperti Obrolan.

photo
Tampilan antarmuka Gmail baru. - (neowin)
 

Dikutip Neowin, Rabu (2/2/2022), antarmuka baru akan diluncurkan ke semua orang kecuali pelanggan Workspace Essentials dan admin tidak akan dapat menonaktifkannya. Mulai 8 Februari 2022 nanti, pengguna akan melihat spanduk keikutsertaan. Sedangkan mulai April, mereka yang tidak ikut serta akan mendapatkan UI baru dengan kemampuan untuk memutar kembali ke antarmuka klasik.

Pada akhir kuartal kedua (Q2) 2022, ini akan menjadi UI standar untuk semua orang dan tidak mungkin untuk memutar kembali. Pengalaman navigasi yang disederhanakan juga akan tersedia pada Obrolan khusus di web dan pengguna tidak akan dapat memindahkan jendela Obrolan ke sisi kanan Gmail. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement