Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Gerard Pique Samai Rekor Penampilan Carles Puyol di Barcelona

Senin 07 Feb 2022 02:25 WIB

Red: Israr Itah

Gerard Pique (kedua kiri) saat memperkuat Barcelona menghadapi Atletico Madrid dalam pertandingan La Liga Spanyol di Camp Nou, Ahad (6/2/2022). Barcelona menang 4-2 dan Pique mencatatkan sejarah tampil dalam 593 pertandingan Barcelona.

Gerard Pique (kedua kiri) saat memperkuat Barcelona menghadapi Atletico Madrid dalam pertandingan La Liga Spanyol di Camp Nou, Ahad (6/2/2022). Barcelona menang 4-2 dan Pique mencatatkan sejarah tampil dalam 593 pertandingan Barcelona.

Foto: AP Photo/Joan Monfort
Pique menjalani laga kompetitif yang ke-593 untuk Barcelona saat melawan Atletico.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerard Pique telah membuat sejarah saat tampil membela Barcelona melawan Atletico Madrid dalam lanjutan La Liga Spanyol di Camp Nou, Ahad (6/2/2022). Bek tengah itu memainkan pertandingan kompetitifnya yang ke-593 untuk Barcelona untuk menyamai catatan bek legendaris Blaugrana dan timnas Spanyol, Carles Puyol. Hanya Lionel Messi (778), Xavi Hernández (767), Andres Iniesta (674), dan Sergio Busquets (658) yang bermain lebih banyak dibandingkan Pique dan Puyol. Namun karena Puyol sudah lama pensiun, Pique hampir pasti akan melampaui catatan ini.

Bek tengah Barcelona ini berada pada musim ke-14 bersama tim utama dari 2008 hingga 2014. Pique enam musim berduet dengan Puyol di lini belakang Barcelona dan berhasil memenangkan 16 trofi. Mereka, yakni empat gelar La Liga, dua Liga Champions, dua Copa del Rey, dua Piala Dunia Antarklub, dua Piala Super Eropa, dan empat Piala Super Spanyol.

Baca Juga

Sejumlah besar permainan mereka dengan Barcelona dihabiskan bersama satu sama lain. Faktanya, keduanya memainkan lebih dari 200 pertandingan bersama, lebih dari seratus di antaranya sebagai starter. Pique dan Puyol juga membuat sejarah dengan tim nasional Spanyol dengan memenangkan Piala Dunia 2010.

Hanya dua pemain lain dalam sejarah Barcelona yang bisa mengklaim telah memainkan lebih dari 500 pertandingan. Selain Messi, Xavi, Iniesta, Sergio, Puyol dan Pique, hanya 'Tarzan' Migueli (549) dan Victor Valdes (535) yang telah memainkan lebih dari 500 pertandingan kompetitif untuk FC Barcelona. Carles Rexach (449), Guillermo Amor (421), Andoni Zubizarreta (410) dan pemain saat ini, Jordi Alba (408), berada di urutan berikutnya dalam daftar penampilan terbanyak sepanjang masa untuk Blaugrana.

Pique telah menjadi salah satu pemain terpenting Barcelona selama dekade terakhir, bukan hanya karena jumlah pertandingan yang dimainkan, tetapi juga karena gelar yang dimenangkan. Pique telah memenangkan 30 gelar, angka yang sekali lagi menempatkannya di peringkat teratas dalam sejarah FC Barcelona. Hanya Messi (35) dan Iniesta (32) yang memenangi gelar lebih banyak dari Pique.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA