Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Gelombang NFT Mulai Hantam Jejaring Sosial

Jumat 28 Jan 2022 05:35 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi NFT.

Ilustrasi NFT.

Foto: Www.freepik.com
NFT mulai hadir di di jejaring sosial seperti Twitter.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO — Non fungible token alias NFT kini ada di mana-mana. NFT mulai hadir di di jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan bahkan Reddit.

Platform media sosial berusaha menjadi tempat yang tepat untuk membeli dan menjual NFT. Perlombaan sedang berlangsung.

Baca Juga

Hanya masalah waktu sebelum gelombang NFT menghantam jejaring sosial. Sementara,  Twitter memimpin. Twitter telah meluncurkan opsi yang memungkinkan pengguna untuk menempatkan NFT di gambar profil. Untuk saat ini, ini adalah fitur menarik perhatian yang tersedia secara eksklusif untuk pelanggan layanan berbayar platform, Twitter Blue di iOS.

Ini adalah langkah pertama yang memungkinkan pemilik NFT untuk membanggakan tentang kepemilikan salah satu item tiket panas ini,dan juga untuk memfasilitasi penjualan NFT.

Memang, Twitter untuk menunjukkan bahwa gambar akan ditautkan langsung ke akun pemilik di OpenSea, platform global untuk penjualan NFT. Ini adalah langkah cerdas untuk mencegah penggunaan NFT yang tidak sah. Adapun pemiliknya, mereka akan dapat menikmati gambar profil NFT baru mereka dalam bentuk heksagonal, menautkan dompet cryptocurrency , dan menampilkan tautan ke koleksi NFT mereka.

“Kami sekarang melihat orang menggunakan NFT sebagai bentuk identitas dan ekspresi diri, dan sebagai cara untuk bergabung dengan komunitas yang berkembang dan percakapan yang semakin aktif di Twitter. Fitur baru ini memberikan cara yang mulus dan mudah digunakan bagi orang-orang di Twitter untuk memverifikasi kepemilikan NFT dengan memungkinkan mereka untuk langsung menghubungkan dompet kripto ke Twitter dan memilih NFT dari koleksi mereka sebagai gambar profil baru mereka,” tulis Twitter, dilansir dari Malay Mail, Kamis (27/1/2022).

Dengan mengizinkan NFT dimasukkan ke dalam gambar profil melalui Twitter Blue, jejaring sosial ini dapat menghidupkan kembali daya tarik langganan berbayarnya. Twitter Blue telah diluncurkan di Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, dan Australia November lalu.

 

Reddit juga berencana masuk ke tren NFT. Platform telah meluncurkan tes pertama untuk mengubah gambar profil dengan NFT, seperti yang ditemukan oleh Nima Owji. Sebuah fitur baru yang tidak terlalu mengejutkan mengingat cryptocurrency adalah topik paling populer pada 2021 di Reddit.

Sementara grup Meta tidak menyembunyikan niat NFT-nya. Baik di Facebook atau Instagram, fitur baru akan memungkinkan Anda menampilkan NFT di profil Anda. Dan Mark Zuckerberg tidak berhenti di situ.

Tujuannya? Menjadi pasar bagi pembelian dan penjualan NFT dengan keamanan penuh. Pengujian pertama diluncurkan pada Juli 2021 dengan “Koleksi” di Instagram, memfasilitasi pembelian dan penjualan NFT melalui lelang.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA