Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Cara Klaim JHT Melalui Aplikasi Jamsostek Mobile

Selasa 25 Jan 2022 03:48 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Dana pensiun (ilustrasi). Pencairan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) bagi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek semakin mudah dengan aplikasi JMO.

Dana pensiun (ilustrasi). Pencairan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) bagi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek semakin mudah dengan aplikasi JMO.

Foto: ist
Klaim bisa dibayarkan tanpa harus datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pencairan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) bagi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek semakin mudah. Hal ini seiring dengan adanya aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang beroperasi sejak September 2021.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palangka Raya Budi Wahyudi  menjelaskan, aplikasi JMO mengakomodasi kebutuhan peserta BPJS Ketenagakerjaan terkait pengajuan JHT sampai dengan Rp 10 juta. "Peserta yang memiliki saldo JHT maksimal Rp 10 juta dapat melakukan pencairan saldo JHT apabila sudah melakukan pengkinian data menggunakan aplikasi ini," katanya.

Baca Juga

Salah satu syarat untuk mengajukan klaim pencairan JHT yakni, peserta telah melakukan pembaruan data di aplikasi Jamsostek Mobile. Jika sudah, maka para peserta akan dengan mudah melakukan pencairan pada saat itu juga atau "one day service". Kemudian dibayarkan tanpa harus datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan. Peserta tidak perlu lagi antre di kantor, sehingga lebih praktis dan cepat.

Dia menerangkan, cara mencairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan lewat JMO pertama peserta harus memiliki aplikasi tersebut dan dipastikan sudah terdaftar. Jika belum punya, maka peserta dapat mengunduh lewat Google Play Store.

Kemudian klik menu login dengan cara masukan email dan kata sandi yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Setelah muncul ke halaman utama, klik menu "pengkinian data", Kemudian akan muncul data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki. Jika semua benar, peserta tinggal klik "sudah".

Selanjutnya, peserta akan diminta melakukan verifikasi data peserta. Verifikasi tersebut meliputi verifikasi biometrik wajah. Jika sudah dilanjutkan klik "selanjutnya" dan mengisi data kontak yang meliputi nomor handphone dan alamat email, memasukkan data NPWP dan rekening bank. Jika sudah selesai klik menu "selanjutnya".

Diteruskan dengan mengisi data kependudukan, isi data tambahan dan kontak darurat. Selanjutnya, akan ditampilkan data-data yang dimasukan saat proses pengkinian data. Jika sudah benar, klik "konfirmasi" dan proses pengkinian data telah selesai.

Kemudian, peserta tinggal klik menu "Jaminan Hari Tua", lalu klik "Klaim JHT". Bila sudah memenuhi persyaratan klaim JHT, peserta tinggal memilih alasan pengajuan klaim. Setelah itu akan muncul data kepesertaan.

Jika sudah sesuai klik "selanjutnya" dan peserta akan diminta melakukan verifikasi wajah yang dilanjutkan dengan munculnya rincian saldo JHT dan klik menu "selanjutnya". Terakhir, akan muncul tampilan mengenai konfirmasi klaim JHT. Jika sudah sesuai klik "konfirmasi" dan pengajuan klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan peserta sudah selesai.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA