Senin 24 Jan 2022 15:38 WIB

Cara Copy & Paste Teks dari Foto Menggunakan Live Text

Live text bisa didapatkan di iOS 15.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
 iOS 15.2
Foto: apple
iOS 15.2

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—iPhone dilengkapi dengan fitur Live Text. Fitur tersebut merupakan alat berbasis visi komputer yang memungkinkan iPhone Anda menyalin dan menempelkan foto dari teks menggunakan kamera.

Live Text, diumumkan pada konferensi pengembang virtual WWDC Apple, hadir sebagai salah satu fitur baru yang tersedia di sistem operasi seluler terbaru Apple, iOS 15.

Baca Juga

Dilansir dari CNET, Senin (24/1/2022), menyalin dan menempel teks dari gambar bukanlah fitur  baru untuk ponsel cerdas. Pengguna Android mungkin sudah akrab dengan fungsi ini berkat Google Lens, tetapi bagi puluhan juta orang yang menggunakan iPhone, Anda pasti ingin segera meningkatkan ke iOS 15 untuk memanfaatkannya.

Live Text sedikit berbeda dari Google Lens. Anda menggunakannya secara real time dengan kamera Anda untuk memilih, menyalin, dan menempelkan teks. 

Berikut ini cara menyalin dan menempelkan (copy & paste)  teks dari foto menggunakan fitur Live Text.

·         Pastikan iPhone telah menginstal iOS 15

·         Arahkan kamera ke subjek yang memiliki teks yang ingin Anda salin. Anda akan tahu bahwa Live Text telah muncul setelah Anda melihat garis kuning di sekitar teks.

·         Ketuk ikon Live Text di kanan bawah untuk berinteraksi dengan teks apa pun di dalam bingkai, pilih teks yang ingin Anda saling dengan menekan ke bawah, sama seperti yang Anda dilakukan di Catatan atau pesan teks. Kemudian tekan Salin.

·         Sekarang Anda dapat menempelkan teks ini ke aplikasi lain seperti Gmail atau Notes.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sareena |Tech Tips x Style (@sareenadayaram)

 

Sama seperti Google Lens, Live Text juga dapat mencari teks dalam gambar yang disimpan di aplikasi Foto. Misalnya, jika ada nomor telepon dalam gambar, Anda dapat mengetuknya untuk memanggil nomor tersebut, atau jika ada kata Prancis, Anda dapat menerjemahkannya ke bahasa Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement