Thursday, 11 Rajab 1444 / 02 February 2023

Tingkatkan Kompetensi dengan Mengikuti Olimpiade Guru Matematika Nasional

Kamis 20 Jan 2022 16:09 WIB

Red: Hiru Muhammad

Pada dasarnya, peran dan fungsi seorang guru tidak hanya sebatas untuk memberikan ilmu saja, melainkan juga harus bisa menjadi teladan yang baik untuk para muridnya. Sebab, figur seorang guru sangat penting dalam keberhasilan pendidikan dan penentu kesuksesan anak bangsa.

Pada dasarnya, peran dan fungsi seorang guru tidak hanya sebatas untuk memberikan ilmu saja, melainkan juga harus bisa menjadi teladan yang baik untuk para muridnya. Sebab, figur seorang guru sangat penting dalam keberhasilan pendidikan dan penentu kesuksesan anak bangsa.

Foto: istimewa
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Pada dasarnya, peran dan fungsi seorang guru tidak hanya sebatas untuk memberikan ilmu saja, melainkan juga harus bisa menjadi teladan yang baik untuk para muridnya. Sebab, figur seorang guru sangat penting dalam keberhasilan pendidikan dan penentu kesuksesan anak bangsa.

Seperti profesi lainnya, guru juga harus profesional dan kompeten pada bidang yang diajarnya. Terlebih, kini para guru juga dituntut untuk bisa menyesuaikan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju. 

Baca Juga

Oleh karena itu, penting bagi para guru untuk meningkatkan kemampuannya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru, salah satunya yaitu mengikuti pelatihan yang dapat mendukung kualitas pembelajaran ke depannya.

Demi mendukung guru dalam meningkatkan kompetensi, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali mengadakan Olimpiade Guru Matematika (OGM) ke-7 tingkat nasional. Olimpiade ini diperuntukkan bagi para Guru Matematika untuk tingkat SD-SMA. 

Selain untuk menambah pengalaman dan meningkatkan kemampuan Guru Matematika, Manager Lomba KPM Ardianto, S.T. juga mengungkapkan bahwa OGM ini  menjadi wadah untuk memberikan penghargaan kepada para guru yang berprestasi di kompetisi OGM tahun 2022 ini.  

Pelaksanaan OGM akan dilakukan secara offline dan online. Khusus untuk pelaksanaan di KPM Pusat akan diselenggarakan secara online melalui Website KPM di laman www.kpm.read1institute.org

Nantinya akan ada dua tahap dalam pelaksanaan OGM, di antaranya babak penyisihan yang diadakan pada 20 Maret 2022 dan Babak Final pada 17 April 2022.

Dengan mengikuti OGM ini peserta akan mendapat banyak keuntungan lainnya, seperti pemberian Trofi (Bagi Top 5 di setiap level), Special Prize (Bagi Top 10 di setiap level), penghargaan berupa Gold Award, Silver Award, dan Bronze Award, serta pemberian sertifikat bagi seluruh peserta yang mengikuti OGM.

Sebelum mengikuti perlombaan, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi, yakni peserta OGM merupakan Guru SD, SMP, dan SMA, serta wajib terdaftar di Lembaga Pendidikan formal.

Pendaftaran OGM bisa melalui KPM pusat dengan mengisi formulir pendaftaran di Website KPM www.kpm.read1institue.org atau bisa melalui cabang KPM, KMS dan PJ Lomba yang sudah ditunjuk oleh KPM pusat. Tak perlu khawatir mengenai biaya pendaftaran perlombaan, sebab biaya pendaftaran OGM ini tidak ditarif, jadi peserta cukup membayar seikhlasnya sesuai kemampuan peserta.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA