Kamis 20 Jan 2022 16:36 WIB

Pengaturan Privasi Browser yang Harus Diubah untuk Hindari Pelacakan

Apple dan Google sedang meningkatkan pengaturan privasinya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Browser (Ilustrasi)
Browser (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada sejumlah pengaturan browser yang perlu Anda ubah untuk menghindari pelacakan daring. Apple dan Google sedang meningkatkan pengaturan privasinya. Diketahui, Google mendorong aturan web interaktif untuk menyaingi aplikasi asli.

Apple telah menjadikan privasi sebagai prioritas utama di semua produknya, termasuk Safari. Sementara Mozilla serta Microsoft menekankan pengaturan privasi sebagai cara untuk membedakan browser mereka dari Google Chrome.

Baca Juga

Ada beberapa pengaturan sederhana yang dapat Anda ubah di browser Anda untuk membantu menjaga sebagian besar pelacak iklan dari jejak Anda. Berikut langkah-langkahnya untuk browser Chrome, Safari, dan Firefox, dikutip Cnet, Kamis (20/1):

Browser Chrome

Chrome merupakan peramban paling populer di dunia. Aturan dasar Chrome yang fleksibel dan open source memungkinkan pengembang independen merilis banyak ekstensi yang berfokus pada privasi untuk menghilangkan pelacak.

Di Toko Web Chrome, klik “Extensions” di sebelah kiri dan ketik nama ekstensi yang Anda cari ke dalam bilah pencarian. Setelah Anda menemukan ekstensi yang benar di hasil pencarian, klik “Add to chrome.” Dialog akan muncul yang menjelaskan izin mana yang akan dimiliki ekstensi untuk browser Anda. Klik “Add extension” untuk membawa ekstensi ke browser Anda.

Jika berubah pikiran, Anda dapat mengelola atau menghapus ekstensi dengan membuka Chrome dan mengeklik menu tiga titik “More” di sebelah kanan. Kemudian pilih “More tools” dan kemudian “Extensions” Dari sini, Anda juga dapat melihat lebih banyak tentang ekstensi dengan mengeklik “Details.”

Browser Safari

Secara default, Safari mengaktifkan alat Intelligent Tracking Prevention atau Pencegahan Pelacakan Cerdas untuk menghindari Anda dari gangguan privasi. Namun, alat tersebut tidak selalu bekerja dengan lancar sejak debutnya tahun 2017.

Peneliti Google melihat bagaimana Pencegahan Pelacakan Cerdas dapat digunakan untuk melacak pengguna.

Safari 14 dapat memberi tahu Anda pelacak iklan mana yang berjalan di situs web yang Anda kunjungi dan memberi Anda laporan 30 hari tentang pelacak yang diketahui saat Anda menjelajah. Ini juga akan memberi tahu Anda dari situs web mana pelacak itu berasal.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement