Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Sering Ditanyakan, Berapa Berat Badan Bisa Turun dalam Satu Bulan?

Senin 17 Jan 2022 22:44 WIB

Red: Nora Azizah

Ada saran dari ahli gizi turunkan berat badan dalam satu bulan dengan cara sehat.

Ada saran dari ahli gizi turunkan berat badan dalam satu bulan dengan cara sehat.

Foto: www.freepik.com
Ada saran dari ahli gizi turunkan berat badan dalam satu bulan dengan cara sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, 

Oleh: Umi Nur Fadhilah

Baca Juga

Jika Anda memulai perjalanan penurunan berat badan, maka menetapkan tujuan biasanya merupakan bagian dari proses membantu tetap termotivasi. Anda mungkin memiliki tujuan mencapai berat badan tertentu, atau Anda mungkin memiliki tenggat waktu atau acara yang ingin hadiri dengan berat badan tententu.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan untuk bulan depan, Anda mungkin penasaran, berapa banyak yang bisa Anda turunkan dengan aman? Terlalu banyak faktor yang berperan untuk memberi jawaban jelas, dan itu sangat tergantung pada faktor individu.

“Benar-benar tidak ada patokan seberapa banyak berat badan yang dapat diturunkan seseorang,” kata ahli gizi terdaftar yang berbasis di Seattle, Ginger Hultin, dilansir Parade Magazine, Senin (17/1/2022).

Pemilik ChampagneNutrition® dan penulis Anti-Inflammatory Diet Meal Prep dan How to Eat to Beat Disease itu menjelaskan bahwa penurunan berat badan sangat personal. Ada banyak faktor yang berperan untuk seberapa cepat seseorang kehilangan lemak jika itu tujuannya, usia, jenis kelamin, otot dan massa lemak, metabolisme dasar, hormon, obat-obatan, genetika.

Dia menambahkan bahwa meskipun istilah berat badan bisa berarti banyak hal, seperti cairan, lemak, dan otot, tetapi kebanyakan orang ketika mencoba menurunkan berat badan ingin menghilangkan lemak. Untuk melakukannya, Anda perlu menjauh dari pendekatan lama kalori masuk vs kalori keluar.

“Itu sering membuat orang melakukan diet ketat atau pembatasan kalori, yang sebenarnya bisa merugikan Anda,” ujar Hultin.

Melakukan hal ini dapat menyebabkan tubuh merasakannya dalam waktu cepat dan perlu menghemat energi. Tubuh ingin menahan massa lemak, bukan melepaskannya. Itu menciptakan siklus pembatasan dan perasaan kekurangan yang tidak sehat, dan kemudian beralih ke asupan dan penambahan berat badan yang lebih tinggi, seringkali lebih dari yang Anda mulai. Namun, jika Anda ingin menurunkan berat badan dalam satu bulan dengan cara sehat, ternyata ada jumlah yang disarankan ahli gizi.

“Sekitar 0,5 kg hingga 0,9 kg per minggu adalah taruhan aman untuk menurunkan berat badan tanpa pengawasan medis,” kata ahli gizi diet terdaftar dan pemilik Genki Nutrition dan juru bicara untuk New York State Academy of Nutrition and Dietetics, Jonathan Valdez.

Kenapa 0,5-0,9 kg aman untuk tubuh? Anda tidak berisiko mengalami ketidakseimbangan elektrolit, batu empedu, malnutrisi, rambut rontok, dan dehidrasi. 

Jika Anda mencari dukungan selama perjalanan penurunan berat badan yang sehat, hubungi terapis, dokter, dan/atau ahli diet terdaftar untuk mendapatkan dukungan mengatasi hubungan dengan makanan, dan juga cara mengubah berat badan atau penanda lain dengan cara yang benar.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan hanya dalam satu bulan, berikut adalah lima tips dari para ahli tentang cara memulai dengan aman dan efisien.

 

1. Berolahraga setidaknya 150 menit per pekan

"Olahraga membantu  membakar kalori, mengembangkan otot yang meningkatkan tingkat metabolisme istirahat, mengurangi stres, melawan depresi (yang dapat mengganggu tidur, olahraga, dan makan seimbang), dan membantu tidur lebih nyenyak di malam hari," kata Valdez.

Ini juga dapat membantu Anda menjaga berat badan dalam jangka panjang. Gaya hidup aktif sangat berkorelasi dengan orang-orang yang kehilangan berat badan dan mempertahankannya dalam jangka panjang, jadi bahkan jika itu bulan pertama, menargetkan 10 ribu langkah per hari atau lebih adalah strategi bagus untuk memulainya.

 

2. Pertimbangkan pola makan nabati

“Diet nabati dikaitkan dengan BMI yang lebih rendah dalam banyak penelitian besar pada manusia,” ujar Hultin.

Diet vegan, khususnya, telah terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Ada juga manfaat besar bagi kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung, diabetes tipe-2, dan beberapa jenis kanker.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA