Jumat 07 Jan 2022 15:41 WIB

Facebook Vs Facebook Lite, Mana yang Lebih Baik?

Facebook Lite adalah versi Facebook yang lebih ringan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Facebook
Foto: EPA
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Salah satu media sosial yang populer sampai saat ini adalah Facebook. Facebook telah diunduh lebih dari lima miliar kali bagi pengguna Android di Google Playstore.

Facebook memiliki versi lain yang menawarkan sejumlah fitur berbeda dibandingkan Facebook biasa. Facebook Lite adalah versi Facebook yang lebih ringan. Berikut fitur yang ditawarkan Facebook Lite, dilansir Android Authority, Jumat (7/1/2022):

Baca Juga

Facebook Lite aplikasi yang jauh lebih kecil

Tidak semua pengguna memiliki kapasitas ruang penyimpanan besar. Ini akan menjadi masalah jika mengunduh Facebook yang menguras memori. Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengunduh Facebook Lite hanya 2,51 MB dibandingkan Facebook biasa 162 MB.

Gunakan Messenger di Facebook Lite

Aplikasi Facebook biasa memaksa Anda mengunduh Facebook Messenger untuk mengobrol dengan kontak Anda. Ini tidak terjadi dengan Facebook Lite yang memungkinkan Anda untuk mengobrol langsung dari aplikasi yang sama. Cukup ketuk tab Messenger dan Anda bisa mulai obrolan. Anda tidak perlu mengunduh aplikasi sekunder untuk kebutuhan perpesanan Anda. Ini akan menghemat lebih banyak ruang penyimpanan.

Facebook Lite gunakan lebih sedikit data internet

Jika Facebook biasa dapat menghabiskan banyak data internet, ini berbeda dengan Facebook Lite. Facebook Lite dibuat untuk bekerja dengan baik bahkan pada kecepatan 2G. Ini bagus untuk menghemat data internet Anda, tetapi juga membuat pengalaman sedikit lebih lambat. Video tidak akan diputar secara otomatis di Facebook Lite kecuali Anda terhubung ke wifi.

Jika Anda tidak puas dengan semua penghematan data itu, Anda dapat membuat beberapa modifikasi di pengaturan, termasuk mengurangi kualitas foto dan video atau mengaktifkan daya penghemat data. Semua opsi ini akan membantu Anda meminimalkan penggunaan data.

Facebook Lite memiliki tampilan sederhana

Salah satu perbedaan paling signifikan antara Facebook biasa dan Facebook Lite adalah tampilan yang lebih sederhana. Pemberitahuan juga tampak lebih disederhanakan dan ikon-ikon lain.

Sayangnya, untuk ketersediaan aplikasi, Facebook Lite hanya dibuat untuk pengguna Android. Sedangkan bagi pengguna iOS, Facebook Lite tidak bisa digunakan.

Facebook vs Facebook Lite, mana yang lebih baik?

Aplikasi Facebook biasa akan menawarkan pengalaman yang lebih lengkap jika Anda tidak memiliki keterbatasan penyimpanan, data, kinerja, atau daya. Sedangkan dalam Facebook Lite, gambar dan video tidak terlihat bagus atau buruk. Kurangnya pra pemuatan membuat segalanya menjadi lebih lambat.

Jika Anda mengalami masalah dengan kecepatan data atau memiliki ponsel lama dengan sedikit penyimpanan, Anda bisa menggunakan Facebook Lite. Bahkan, itu mungkin menjadi alternatif yang nyaman bagi pengguna yang ingin menjaga pengalaman Facebook tetap rendah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement