Rabu 05 Jan 2022 17:40 WIB

Cara Hapus Akun Facebook Secara Permanen

Menghapus dan menonaktifkan akun Facebook adalah dua hal yang berbeda.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Menghapus dan menonaktifkan akun Facebook adalah dua hal yang berbeda (Foto: ilustrasi aplikasi Facebook)
Foto: EPA-EFE/SASCHA STEINBACH
Menghapus dan menonaktifkan akun Facebook adalah dua hal yang berbeda (Foto: ilustrasi aplikasi Facebook)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendapat orang tentang Facebook beragam. Ada yang menganggap platform ciptaan Mark Zuckerberg itu penting untuk bercengkrama dengan teman atau keluarga, namun ada juga yang melihat Facebook sebagai platform yang melanggar privasi, marak hoaks, serta konten menyesatkan. Atas alasan itulah, banyak di antara pengguna Facebook yang ingin menghapus akunnya.

Penting untuk dicatat bahwa ada perbedaan antara menghapus akun Facebook dan menonaktifkannya. Menonaktifkan akun Facebook artinya membekukannya sementara, dimana itu berguna jika Anda ingin jeda. Tapi itu tidak mencegah perusahaan melacak aktivitas online Anda.

Baca Juga

Untuk sepenuhnya terpisah dari Facebook, menghapus akun secara permanen adalah satu-satunya jawaban. Bagaimana caranya? Simak uraian berikut seperti dilansir dari CNET, Rabu (5/1/2022).

 

1. Hapus aplikasi Facebook dari ponsel atau gawai

Langkah pertama adalah menghapus aplikasi dari ponsel atau gawai Anda. Ingatlah bahwa menghapus aplikasi Facebook tidak berarti menghapus akun, karena Anda masih dapat mengaksesnya dari browser. Karenanya jika ingin menghapusnya secara permanen, Anda harus melakukan langkah lain.

 

2. Pilih alternatif perpesanan atau media sosial lain

Ingatlah, ketika Anda menghapus akun Facebook, akses Messenger juga akan terhapus. Artinya, Anda harus menghubungi orang-orang yang sering terhubung di Messenger dan mencari aplikasi atau layanan pesan lain sebagai alternatif untuk tetap berkomunikasi.

Jadi sebelum tutup akun secara permanen, unggahlah status dan minta siapa pun yang ingin tetap terhubung untuk mengirim pesan dengan melampirkan info kontak mereka. Facebook juga memberi opsi untuk mentransfer foto, video, notes, dan postingan lain ke situs seperti Google Foto dan Dropbox.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement