Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Perguruan Tinggi di Lampung Siap Gelar PTM Penuh

Kamis 06 Jan 2022 00:08 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Muhammad Fakhruddin

Perguruan Tinggi di Lampung Siap Gelar PTM Penuh (ilustrasi).

Perguruan Tinggi di Lampung Siap Gelar PTM Penuh (ilustrasi).

Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
PTM secara langsung di kampus berbeda dengan kuliah secara daring.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG -- Sejumlah perguruan tinggi (PT) negeri dan swasta di Provinsi Lampung siap menggelar Perkuliahan Tatap Muka (PTM) pada semester genap tahun ini. Semua mahasiswa dan tenaga pengajar mayoritas sudah menjalani vaksinasi Covid-19 pada tahun sebelumnya.

Di antara PT di Lampung yang siap menggelar PTM yakni Universitas Lampung (Unila), Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan, Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, dan PT lainnya. Pada semester ganjil sebelumnya, masing-masing PT ada diantaranya sudah menggelar PTM terbatas.

Baca Juga

Rektor IIB Darmajaya, Firmansyah Alfian mengatakan, sivitas akademika IIB Darmajaya sudah sangat siap menggelar PTM 100 persen atau penuh pada semester genap tahun ini. Menurut dia, pada semester lalu, sudah digelar perkuliahan secara hibrida (daring dan luring) untuk mata kuliah tertentu.

“Kami siap menanti dilaksanakannya PTM penuh 100 persen,” kata Firmansyah Alfian di Bandar Lampung, Rabu (5/1).

Tak hanya sivitas akademika, seperti dosen dan mahasiswa, juga tenaga nonkependidikan, para orangtua atau wali mahasiswa sudah lama menginginkan kuliah tatap muka digelar. Menurut mereka, PTM secara langsung di kampus berbeda dengan kuliah secara daring.

Mengenai persiapan protokol kesehatan Covid-19, Firmansyah mengatakan, sejak lama IIB Darmajaya sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat baik bagi mahsiswa dan dosen, juga tamu undangan. Selain itu, pihak kampus juga membentuk satgas Covid-19 untuk membantu mengawasi tugas satgas agar berjalan lancar dan aman.

Sedangkan pencapaian vaksinasi Covid-19 bagi mahasiswa dan dosen, ia mengungkapkan sudah terealisasi lebih dari 70 persen. Memang, bila ada mahasiswa yang belum sama sekali vaksinasi tidak diperkenankan berada dalam kampus.

UIN Raden Intan juga siap menggelar PTM penuh pada semester genap tahun ini. Menurut Kabag Humas UIN Raden Intan Hayutl Islam, pihak rektorat sedang membahas pelaksanaan PTM penuh 100 persen setelah menggelar PTM secara hibrida semester sebelumnya.

Ia mengatakan, PTM penuh rencananya akan digelar pada perkuliahan semester genap, setelah ada peraturan selanjutnya. Mengenai kesiapan, UIN Raden Intan sudah siap sepenuhnya, karena sebelumnya sudah menerapkan protokol kesehatan ketat pada perkuliahan semester sebelumnya.

UIN Raden Intan juga sudah menggelar vaksinasi kepada sivitas akademikanya mencapai 80 persen. Kampus UIN Raden Intan juga sudah pernah menjadi tuan rumah Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama dengan jumlah peserta ribuan, dan berlansung aman dan lancar.

Baca juga : 10 Gejala tak Biasa Covid-19 Akibat Varian Omicron

Sedangkan Unila sudah selesai menyiapkan PTM penuh 100 persen pada perkuliahan semester genap mendatang. Wakil Rektor Akademik Unila Heryandi mengatakan, kampusnya sudah mengikuti vaksinasi yang digelar Pemprov Lampung dan Polda Lampung secara reguler.

Saat ini, ujar dia, Unila masih menunggu izin pelaksanaan perkuliahan tatap muka dari pihak berwenang. Sementara persiapan PTM penuh dengan protokol kesehatan ketat sudah lama dilakukan pada semester sebelumnya. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA