Rabu 05 Jan 2022 23:06 WIB

Mengapa Peradaban Islam Tertinggal Kini? Ini Kata Cendekiawan Pakistan

Peradaban Islam saat ini cenderung kalah bersaing dari segi sains

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nashih Nashrullah
Peradaban Islam saat ini cenderung kalah bersaing dari segi sains. Ilustrasi umat Islam
Foto: Republika/Yasin Habibi
Peradaban Islam saat ini cenderung kalah bersaing dari segi sains. Ilustrasi umat Islam

REPUBLIKA.CO.ID, — Jika ajaran-ajaran Islam mendorong kebangkitan peradaban Islam pada zaman dahulu, mengapa tidak demikian halnya dengan masa sekarang? Apakah penyebab kemunduran umat Islam merupakan rongrongan pihak luar, tetapi siapa pihak yang patut disalahkan? 

Rentetan atas pertanyaan ini menjadi perenungan intelektual Pakistan, Muhammad Umar Chapra, dalam karyanya Muslim Civilization: The Causes of Decline and the Need for Reform. 

Baca Juga

Bagi Chapra, pertanyaan-pertanyaan krusial semacam itu patut disoroti terlebih da hulu, sehingga dapat ditemukan langkah-langkah apa yang seharusnya dikerjakan untuk memperbaiki kondisi para pemeluk agama ini.

Kebanyakan peneliti, menurut dia, menjadikan abad ke-12 sebagai patokan. Artinya, sebelum kurun waktu tersebut umat Islam pada umumnya belum begitu tertinggal.

Beberapa di antara mereka menyebutkan bahwa faktor terpenting dari kemunduran umat Islam adalah kemerosotan moral dan hilangnya sikap dinamis di tengah komunitas ini. 

Hal tersebut diperparah dengan meluas nya sikap dogmatis dan kekakuan (rigidity). Beberapa juga menilai faktorfaktor yang lebih bersifat fisik, semisal munculnya peperangan dan invasi atas banyak wilayah umat Islam. 

Dugaan lainnya adalah menurunnya aktivitas intelektual dan sains, sedangkan golongangolongan non-Islam justru berpacu melakukannya. 

Di tengah nuansa suram itu, Chapra menyuarakan optimisme yang mendasar. Sebab, jarang sekali ada komunitas di dunia yang hidup berkelanjutan selama lebih dari 1.400 tahun. 

Umat Islam terbukti merupakan suatu komunitas yang mampu bertahan, tidak kunjung punah, meski diterpa macam-macam tantangan zaman. 

Maka dari itu,kata dia, perlu dipahami juga bahwa kemunduran kaum pengikut Nabi Muhammad ﷺ bukanlah sebuah fenomena yang terjadi serta-merta. Mereka masih memiliki potensi yang besar. 

Bila diibaratkan dengan seseorang yang mengi kuti perlombaan maraton, umat Islam bukanlah pelari yang lumpuh sama sekali atau tersungkur di tepi gelanggang. 

Dia hanya sedang terluka, sehingga untuk sementara waktu hanya mampu berjalan cepat, belum sampai berlari melesat. Semangat menyongsong masa depan, itulah pesan yang coba dihadirkan dalam buku setebal 210 halaman itu. 

Untuk dapat melangkah dengan baik, menurut penulisnya, umat Islam juga perlu menyadari arti penting dua hal ini, yakni sumber ajaran dan pengalaman sejarah. Ihwal yang pertama tentu saja berkaitan dengan Alquran dan sunnah. 

Secara eksplisit, Chapra mengajak pembaca karyanya untuk memiliki kecenderungan kembali pada esensi agama ini. Dia mengutip sejumlah ayat Alquran yang menegaskan bahwa manusia sendiri merupakan arsitek takdir yang dijalaninya. 

Di antaranya, Allah ﷻ tidak mengubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (QS ar-Ra'd: 11). Rasulullah ﷺ sendiri telah melarang umatnya untuk menjadi fatalis. Dengan pemahaman demikian, mengkaji sebab-sebab kemunduran justru menjadi langkah awal menuju kebangkitan. 

Poin kedua, yakni jalannya sejarah yang telah dilalui umat Islam. Tentu saja ada banyak peristiwa yang saling berkaitan sehingga membentuk keadaan yang kini dialami mereka. Chapra menyebut beberapa pemikir yang berupaya mendedah teori tentang timbul tenggelamnya suatu peradaban.      

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement