Senin 03 Jan 2022 15:16 WIB

Senjata China Ini Bisa Tembak Jatuh F-22 Raptor AS dalam Hitungan Detik

Senjata memakai teknologi pelacak panas yang tingkatkan kemampuan rudal hipersonik.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Infografis China Uji Coba Senjata Hipersonik
Foto: Republika
Infografis China Uji Coba Senjata Hipersonik

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Ilmuwan-ilmuwan China mengeklaim telah menciptakan senjata hipersonik generasi baru yang kecanggihan pelacaknya mungkin tidak dimiliki militer Amerika Serikat (AS) sampai 2025. Para peneliti mengaku pelacak panas yang mereka ciptakan meningkatkan kemampuan rudal hipersonik. Sehingga dapat mengenai target dengan sangat akurat dan cepat termasuk pesawat jet siluman, kapal dan kendaraan bergerak di jalanan.

Seperti dilansir dari EurAsian Times, Senin (3/1) senjata itu diprediksi akan membuat AS khawatir.  "Rudal darat-ke-udara hipersonik dapat mengejar dan menghancurkan F-22 (Raptor) dalam hitungan detik bila pesawat itu menembakan rudal atau menjatuhkan bom dari jarak pendek," kata pakar militer China seperti dikutip South China Morning Post.

Baca Juga

F-22 Raptor tidak hanya pesawat tempur AS yang mematikan tapi juga merupakan bagian penting dari Global Strike Task Force  yang bertanggung jawab mengerahkan pasukan siap tempur untuk operasi pertempuran global dan mencegah insiden nuklir.

Klaim China mengenai kelemahan pesawat ini yang bisa dilacak dan ditembak rudal pelacak panas rudal hipersonik menjadi gelombang kejut bagi AS. Para peneliti China dari National University of Defence Technology mengatakan, kemampuan rudal hipersonik dalam mencari, mengidentifikasi dan mengunci sasaran berdasarkan panas saat terbang dalam ketinggian rendah akan merevolusi perang konvensional.

Sebelumnya China memamerkan radar yang diklaim revolusioner di pameran Zhuhai. Radar YLC-8E diklaim sebagai sistem rudal anti-siluman pertama yang beroperasi di pita UFH, pionir dalam teknologi radar frekuensi tinggi dan radar active phase-controlled array yang dikombinasikan dengan perangkat anti-siluman revolusioner.

China mempromosikan sistem radar YLC-8E sebagai 'radar super' yang dapat mengidentifikasi pesawat tempur F-22 dan F-35 Amerika. Cina hendak mengirimkan sinyal ke AS dengan mengkombinasikan rudal hipersonik pelacak panas dan radar super kini F-22 Raptor tidak lagi mengancam bagi Cina.

Rudal pelacak panas yang juga dikenal sebagai pelacak infra merah merupakan teknologi pemandu rudal untuk melacak dan mengikuti sasaran. Caranya dengan dengan memancarkan radiasi elektromagnetik di bagian spektrum inframerah.

Inframerah berada tepat di bawah spektrum cahaya tampak dalam frekuensi dan dipancarkan secara kuat oleh benda panas; oleh karena itu rudal yang menggunakannya sering disebut sebagai 'pencari panas'.

Melacak panas pada kecepatan hipersonik sulit dilakukan. Tapi dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Air and Space Defense pada 15 Desember lalu Profesor Yi Shihe mengatakan Cina telah mencapai 'kemajuan teknologi dasar yang telah terbukti efektif dalam tes.'

“Teknologi panduan yang presisi dengan teknologi pencitraan inframerah  melipatgandakan kekuatan senjata hipersonik,” kata Yi dalam artikel itu.

“Jika satu pihak memimpin dalam mengembangkan senjata hipersonik yang matang, pihak tersebut akan memiliki keunggulan ofensif asimetris yang tak terkalahkan dengan senjata serangan presisi hipersonik yang efektif, nilai kunci kedalaman strategis perang klasik akan lenyap. Semua aset politik, ekonomi, dan militer penting suatu negara akan terancam," tambahnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement