Ahad 02 Jan 2022 19:01 WIB

Universitas BSI Ikuti Sosialisasi Akhir Tahun dan Pengenalan Kampus

Praktik Kerja Industri merupakan kegiatan pembelajaran dan latihan bagi siswa SMK

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memenuhi undangan untuk menghadiri Sosialisasi Akhir Tahun dan Pengenalan Kampus yang diselenggarakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Multicomp Depok. Acara kali ini berjalan secara luring, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, di Depok, pada Rabu (22/12).
Foto: istimewa
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memenuhi undangan untuk menghadiri Sosialisasi Akhir Tahun dan Pengenalan Kampus yang diselenggarakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Multicomp Depok. Acara kali ini berjalan secara luring, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, di Depok, pada Rabu (22/12).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memenuhi undangan untuk menghadiri Sosialisasi Akhir Tahun dan Pengenalan Kampus yang diselenggarakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Multicomp Depok. Acara kali ini berjalan secara luring, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, di Depok, pada Rabu (22/12). 

Acara dimulai dengan sambutan Kepala Sekolah SMK Multicomp Depok, Sulastri. Ketua Kurikulum serta Nana Prihatna yang memberikan arahan tentang Praktik Kerja Industri.  

Baca Juga

Menurut Nana, Prakerin atau Praktik Kerja Industri merupakan kegiatan pembelajaran dan proses latihan bagi siswa SMK  yang digelar di dunia industri dan berhubungan dengan kompetensi siswa yang dimiliki, tentunya sesuai dengan bidang keahliannya. “Program ini bertujuan agar siswa/i SMK Multicomp Depok lebih siap dalam dunia kerja yang sesungguhnya dan mengaplikasikan teori yang ada di sekolah,” ujar Nana.

Sementara itu, Taat Kuspriyono selaku Ketua kampus Universitas BSI Margonda menyampaikan  bahwa, di Universitas BSI juga ada Prakerin yang biasa disebut dengan Praktik Kerja Lapangan (PKL). PKL merupakan salah satu tugas wajib yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa Universitas BSI yang akan menyusun Skripsi atau Tugas Akhir. Pelaksanaan PKL kali ini, menjadi 3 skema yaitu Magang, Riset Lapangan, dan Riset Dalam Jaringan (Riset online).

”Selama pelaksanaan PKL, mahasiswa juga dibimbing  Dosen Penasihat Akademik (Dosen PA). Mahasiswa diwajibkan membuat Laporan PKL dengan format yang sudah tercantum pada buku panduan PKL. Universitas BSI juga bekerja sama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) mengadakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Dalam PMMB Universitas BSI, bekerja sama dengan perusahaan-perushaan BUMN seperti ASABRI, DDS Telkom, PT Jasa Marga (Persero), Kimia Farma, Perum Bulog, PT BNI (Persero) tbk, PT Bank Mandiri (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Perum Produksi Film Negara dan sebagainya,” jelas Taat.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Taat juga menyampaikan materi pengenalan kampus Universitas BSI, yang terdiri dari 3 Fakultas diantaranya Fakultas Teknik dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Komunikasi dan Bahasa. 

“Di Universitas BSI terdapat Fakultas Teknik dan Informatika dengan Program Studi jenjang D3 yaitu Sistem Informasi Akuntansi, Teknologi Komputer dan Sistem Informasi. Sedangkan Program Studi jenjang S1 terdiri dari program studi Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknik Industri dan Teknik Elektro. Di Fakultas Komunikasi dan Bahasa terdiri dari jenjang D3 yaitu Hubungan Masyarakat, Penyiaran, Periklanan, dan Bahasa Inggris. Sedangkan untuk jenjang S1 terdapat Ilmu Komunikasi dan Sastra Inggris. Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari prodi jenjang D3 diantaranya Akuntansi, Manajemen Pajak, Administrasi Bisnis, Administrasi Perkantoran serta Perhotelan. Untuk prodi jenjang S1 nya ada Manajemen dan Akuntansi,” kata Taat dalam keterangan tertulisnya Ahad (2/1). 

Ia juga menambahkan dengan pengenalan  Sosialisasi Akhir Tahun dan Pengenalan Kampus ini, diharapkan para siswa/i dapat menjalani Prakerin dengan baik serta dapat membekali dan menjelaskan kepada para siswa/i SMK Multicomp Depok tentang kampus Universitas BSI yang menjadi pilihan para siswa/I  dengan berbagai keunggulan yang dimiliki. 

“Dalam acara ini, Saya berharap peserta didik siswa/i SMK Multicomp Depok, dapat menjalani  Prakerin dengan baik.  Semoga ilmu yang telah diajarkan di sekolah dapat diimplementasikan di dunia industri,” tutur Taat. 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement