Jumat 31 Dec 2021 15:11 WIB

Dosen Universitas BSI Bagikan Trik Menulis Buku Hasil Penelitian

Teknik menulis buku yang baik sangat penting dimiliki oleh para akademisi.

Dr Ani Wijayanti, dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menjadi pembicara dalam webinar yang digelar oleh penerbit buku Deepublish.
Foto: Universitas BSI
Dr Ani Wijayanti, dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menjadi pembicara dalam webinar yang digelar oleh penerbit buku Deepublish.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dr Ani Wijayanti, dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menjadi pembicara dalam webinar yang digelar oleh penerbit buku Deepublish. Mengusung tema bertajuk ‘Sukses Menulis Buku Hasil Penelitian’, acara ini dilaksanakan secara daring lewat zoom, pada Selasa (28/12) kemarin. 

Dr Ani menjelaskan menulis buku merupakan salah satu tuntutan bagi para akademisi, terutama yang memiliki jabatan fungsional Guru Besar. Salah satu kewajiban khusus yakni, minimal menulis satu buku dalam kurun waktu tiga tahun. Pengetahuan akan teknik menulis buku yang baik sangat penting dimiliki oleh para akademisi. 

“Strategi dalam menulis buku hasil penelitian adalah menentukan tema atau gagasan topik, mengumpulkan referensi/publikasi terkini, mencari informasi permasalahan atau isu yang memunculkan ide topik, menulis dengan tata bahasa yang baku, originality/keaslian, novelty/kebaruan, merancang outline buku, memastikan kelengkapan unsur buku, cek plagiarism, dan proofreading,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Rabu (29/12). 

Hal penting yang wajib diketahui para penulis buku hasil penelitian yakni, mencari literatur yang sesuai dengan topik penelitian yang diangkat. Salah satu situs yang membantu dalam mencari literatur adalah https://openknowledgemaps.org. Pengindeks yang paling terkenal saat ini adalah Scopus dan Web of Science (WoS). Dimana para penulis harus mencari jurnal yang telah terindeks Wos, salah satunya melalui situs https://mjl.clarivate.com/.

“Sedangkan untuk mencari jurnal yang terindeks Scopus, situs yang dapat dipercaya adalah https://www.scimagojr.com. Guna memudahkan pencarian jurnal berdasarkan judul dan abstrak, kita bisa mencari di situs https://journalfinder.elsevier.com/. Pastinya untuk mengakses semua literatur tersebut, tidak bisa dilakukan secara gratis. Tidak perlu khawatir, karena ada situs ‘sci-hub’ yang memberikan akses untuk membuka jurnal yang tidak bisa dibuka dengan cara menyalin dan memindahkan DOI kedalam situs ini,” jelasnya. 

Selain itu, membangun tim, menjadi solusi terbaik untuk mewujudkan penelitian berkualitas dan menyelesaikan penelitian yang kompleks. Selain itu, perlunya menguasai teknik publikasi buku hasil penelitian, yang meliputi menyusun publikasi sesuai kaidah-kaidah dasar, kelengkapan unsur, publikasi terbaca dengan benar oleh orang-orang yang menjadi sasaran publikasi dan kredibilitas penerbit. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement