Ahad 02 Jan 2022 17:04 WIB

Hassan bin Tsabit, Sahabat yang Dijuluki Penyair Rasulullah

Hassan bin Tsabit diberi tugas khusus oleh Nabi Muhammad.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Hassan bin Tsabit memiliki tugas khusus untuk melumpuhkan propaganda hitam yang dibuat oleh musuh Islam dengan syair-syair. Dalam bukunya yang berjudul “Pesan-Pesan Tauhid untuk Negeri di Masa Pandemi”, Ustaz Fahmi Salim menceritakan, suata kali Hassan bin Tsabit diminta datang ke Masjid Nabawi untuk menemui Nabi Muhammad Saw.

Setelah sampai di masjid, Rasulullah SAW kemudian berkata, “Wahai Hassan, engkau tentu mengetahui yang telah dilakukan kaum musyrikin Makkah. Karena itu, padamkanlah semangat mereka dengan syair-syairmu. Sebaliknya, bangkitkanlah semangat kaum Muslimin dengan syair-syairmu.”

Baca Juga

Syair Hassan bin Tsabit pun meluncur seperti anak panah, menikam dada para penista kebenaran dan para penghina Rasulullah. Karena itu, Nabi Muhammad SAW begitu memuji syair-syair Hassan bin Tsabit sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat al-Bukhari bahwa kelak Malaikat Jibril akan membersamainya.

Dalam hadits lain yang diriwayatkan Aisyah radhiyallahu anha, Rasulullah SAW bersabda, “Ruhul Qudus (Jibril) akan tetap mendukung dan melindungimu selama engkau memuji Allah dan Rasul-Nya.”

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement