Sabtu 25 Dec 2021 01:30 WIB

15 Ibex Gunung Langka Dilepasliarkan di Soudah

15 Ibex Gunung Langka Dilepasliarkan di Soudah

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
15 Ibex Gunung Langka Dilepasliarkan di Soudah
Foto: Arab News
15 Ibex Gunung Langka Dilepasliarkan di Soudah

IHRAM.CO.ID,RIYADH—15 ibex gunung, spesies kambing liar yang hidup di pegunungan yang terancam punah, dilepaskan di Soudah untuk memperkaya keanekaragaman di wilayah tersebut. Pusat Satwa Liar Nasional dan Saodah Development mengatakan, inisiatif ini sejalan dengan perintah Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk memenuhi target Inisiatif Hijau Saudi, termasuk mengembangkan lingkungan dan meningkatkan keberlanjutan, serta menjadi bagian dari upaya pusat untuk meningkatkan jumlah spesies yang terancam punah dan relokasi mereka di habitat alami mereka.

 

Baca Juga

Mohammed Ali Qarban, CEO Pusat Satwa Liar Nasional mengatakan bahwa mereka telah melakukan penelitian tentang kondisi kehidupan hewan yang dilepasliarkan dan pergerakannya untuk memberikan informasi tentang waktu dan komposisi terbaik dari kelompok yang akan diluncurkan di cagar alam secara teratur. Dia menegaskan bahwa pusat akan terus memantau keanekaragaman hayati di kawasan lindung dengan melacak kelompok vital dan mendokumentasikan informasi yang terkait dengan setiap kawasan lindung menggunakan teknologi modern. 

Dia menjelaskan bahwa pelepasan ibex mencerminkan upaya pusat untuk mengembangkan dan menerapkan rencana nasional untuk mengatasi ancaman satwa liar dengan memperbanyak dan memperkenalkan kembali spesies lokal yang terancam punah. ”Ini akan membantu memulihkan keseimbangan ekologi ekosistem alam untuk mencapai tujuan Visi Kerajaan 2030 untuk membangun lingkungan yang positif dan menarik serta meningkatkan kualitas hidup, sejalan dengan upaya global,” ujarnya.

Dia menekankan bahwa pusat tersebut menjalankan fasilitas perintis khusus untuk meningkatkan jumlah hewan yang terancam punah dan pengenalan kembali mereka ke lingkungan alami mereka. Pusat tersebut juga menyimpan catatan silsilah spesies ini dengan menyimpan informasi pribadi tentang mereka dalam database. 

Pusat ini bertugas untuk melatih spesialis perlindungan satwa liar dan pekerja yang bertanggung jawab atas cagar alam, mengembangkan kemampuan penelitian mereka untuk membantu melokalisasi teknik pemuliaan dan pengenalan kembali spesies yang terancam punah.

Sementara itu, CEO Soudah Development Husameddin Al-Madani mengatakan bahwa melindungi sumber daya alam dan membantu spesies asli Kerajaan adalah di antara prioritas utama perusahaan. Dia mencatat bahwa pelepasan 15 ibex ini adalah langkah pertama dalam serangkaian inisiatif untuk memperkenalkan kembali dan melindungi satwa liar di Al-Soudah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement