Selasa 21 Dec 2021 21:47 WIB
...

Rekor Buruk Ini Ternyata Juga Digenggam Ronaldo dan Messi

Messi dan Ronaldo masuk daftar pemain yang paling sering gagal eksekusi penalti.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo. Messi dan Ronaldo menempati dua posisi teratas dalam daftar pemain yang paling sering gagal mencetak gol dari titik penalti terhitung sejak memasuki abad ke-21.
Foto: EPA/Alejandro Garcia.
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo. Messi dan Ronaldo menempati dua posisi teratas dalam daftar pemain yang paling sering gagal mencetak gol dari titik penalti terhitung sejak memasuki abad ke-21.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Setidaknya dalam dua dekade terakhir, perdebatan soal pesepak bola terbaik sepanjang masa selalu mengerucut ke dua nama. Ada Cristiano Ronaldo di satu kutub, dan Lionel Messi di kutub lainnya.

Ketajaman dan insting mencetak gol kedua pesepak bola ini dianggap jauh melampaui nyaris semua pemain pada generasinya. Baik Ronaldo dan Messi pun terus menulis ulang catatan rekor di buku sejarah si kulit bundar, baik di level klub ataupun saat memperkuat timnas negara masing-masing.

Baca Juga

Mulai dari pencetak gol terbanyak dalam satu tahun kalender dengan koleksi 91 gol pada 2012 milik Messi, hingga pemain dengan koleksi gol terbanyak di pentas sepak bola profesional versi IFFHS dengan torehan 794 gol atas nama Ronaldo.

Namun, tidak disangka, dua pesepak bola yang paling sering meraih gelar Ballon d'Or ini juga menempati dua posisi teratas dalam daftar pemain yang paling sering gagal mencetak gol dari titik penalti terhitung sejak memasuki abad ke-21.

Padahal, eksekusi tendangan penalti diyakini menyajikan peluang terbesar untuk bisa mencetak gol. Eksekutor tendangan penalti tinggal berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang lawan dengan jarak sekitar 11 meter untuk bisa mencetak gol.

Namun, mengeksekusi tendangan penalti ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Faktor-faktor lain, seperti bobot ekpektasi yang besar, bisa mengganggu para pemain, bahkan pemain-pemain top sekalipun, untuk menaklukkan penjaga gawang dalam tendangan penalti.

Berikut lima pemain yang menempati tempat teratas dalam daftar pemain yang paling sering gagal mengeksekusi penalti di abad ke-21 berdasarkan lansiran SportsKeeda, Selasa (21/12).

1. Antonio Di Natale (14 kali gagal penalti)

Nama Di Natale bersinomin dengan Udinese. Maklum, di klub yang berbasis di Stadio Friulli itu, Di Natale menghabiskan karier profesionalnya, yang terentang dari 2004 hingga 2016.

Uniknya, Di Natale mulai menemukan performa terbaiknya saat telah berusia 30 tahun. Di Natale dikenal memiliki pergerakan tanpa bola yang mumpuni dan sepakan kaki kanan yang akurat. Selama 12 tahun memperkuat Udinese, Di Natale mencetak 227 gol dari 446 penampilan di semua ajang.

photo
Antonio Di Natale - (Paolo Giovannini/AP Photo)

Catatan ini mengantarkan eks striker timnas Italia itu sebagai pencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah Udinese. Sementara di Liga Italia, Di Natale berada di peringkat keenam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan koleksi 209 dari 445 penampilan.

Di sepanjang kariernya, Di Natale dipercaya menjadi eksekutor tendangan penalti di 55 kesempatan. Dari kesempatan tersebut, pemain yang gantung sepatu pada 2016 itu mencetak 41 gol dan gagal mengeksekusi tendangan penalti sebanyak 14 kali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement